detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 13:16
100 Konsultasi Terpopuler

Ngemil Cokelat, Cara Nikmat Redakan Nyeri Menstruasi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 21/02/2012 08:29 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Menjelang datang bulan, beberapa perempuan selalu menyiapkan obat dan jamu-jamuan untuk mengantisipasi sindrom rasa nyeri. Bagi yang bosan dengan obat-obatan baik kimia maupun herbal, makan cokelat juga bisa meredakan nyeri menstruasi.

Cokelat, khususnya cokelat hitam memiliki berbagai kandungan yang berkhasiat sebagai antinyeri. Kandungan itu antara lain magnesium, serta asam lemak omega 3 dan 6 yang juga dikenal sebagai pembangkit mood atau suasana hati biar tidak gampang marah-marah.

Meski secara alami cokelat biasa sudah memiliki efek antinyeri, di luar negeri ada juga cokelat khusus untuk nyeri menstruasi yang kandungannya ditambahi ekstrak buah chasteberry dan bilberry. Kedua bahan yang ditambahkan itu juga merupakan senyawa antinyeri berbahan herbal alami.

Pada cokelat hitam biasa, efek pereda nyeri menstruasi hanya akan maksimal bila dikonsumsi tanpa gula. Makin banyak gula yang ditambahkan, makin berkurang efeknya dan malah bisa bikin cepat gemuk karena kandungan kalorinya menjadi lebih banyak.

Selain gula, bahan lain yang harus dihindari atau minimal dikurangi saat sedang datang bulan adalah garam dan kafein. Dikutip dari Indiavision, Selasa (21/2/2012), bahan-bahan ini bisa memicu perut kembung serta emosi tidak stabil sehingga mudah tersinggung, gelisah dan depresi.

Selain makanan serta minuman, olahraga ringan juga bisa membantu meredakan sindrom pramenstruasi. Jogging atau sekedar jalan-jalan selama 30 menit sudah cukup untuk mengalihkan perhatian terhadap rasa nyeri, maupun mengubah komposisi hormonal sehingga nyerinya itu sendiri benar-benar berkurang.

Jika tidak disertai gangguan kesehatan pada organ reproduksi, sindrom menstruasi biasanya akan reda dalam 3-7 hari. Nyeri adalah gejala yang paling banyak dikeluhkan, sedangkan yang lain juga disertai gangguan emosi seperti mood yang tidak stabil.


(up/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit