detikhealth

Berakhir Pekan dengan Pijat Refleksi Kaki Bikin Tambah Fit

Vera Farah Bararah - detikHealth
Sabtu, 16/06/2012 12:03 WIB
Berakhir Pekan dengan Pijat Refleksi Kaki Bikin Tambah Fit(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Saat akhir pekan banyak orang menghabiskan waktu dengan menyenangkan diri sendiri seperti melakukan refleksi termasuk di kaki. Ternyata berakhir pekan dengan pijat kaki itu bisa bikin orang tambah fit.

Pijat refleksi pertama kali dipraktekkan sekitar tahun 2500-2300 sebelum masehi oleh dokter Mesir. Semakin lama pijat refleksi ini makin berkembang hingga bisa dilakukan pada kaki saja.

Refleksi kaki didasarkan pada bagian titik-titik di kaki yang bisa merangsang semua bagian di tubuh sehingga membawa perubahan fisiologis secara menyeluruh.

Berikut ini beberapa manfaat yang bikin orang tambah fit saat pijat refleksi kaki di akhir pekan seperti dikutip dari Livestrong, Sabtu (16/6/2012):

1. Relaksasi

Setelah di hari-hari biasa dijejali tugas sekolah dan pekerjaan yang bikin stres, melakukan pijat refleksi kaki di akhir pekan bisa efektif dalam mencapai keadaan relaksasi. Ini karena ada solar plexus yaitu pusat saraf yang mana biasanya menyimpan stres. Ketika titik solar plexus ini ditekan maka stres dalam tubuh seakan hilang sehingga sistem kekebalan tubuh tidak menurun, dan pijat refleksi kaki bisa membantu.

2. Peningkatan sirkulasi

Meski hanya dilakukan di kaki, tapi pijat refleksi bisa meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Pijatan yang lembut di kaki dengan teknik penekanan menggunakan jari bisa meningkatkan aliran darah ke organ vital, darah memberikan oksigen dan nutrisi ke organ serta jaringan tubuh. Jika ada bagian tubuh yang luka, maka refleksi kaki dapat membantu memperbaiki jaringan yang terluka.

3. Mengurangi nyeri

Ketika refleksi diterapkan di kaki maka endorfin diproduksi lebih banyak untuk memblokir rasa sakit ke otak. Orang yang memiliki nyeri akan mendapatkan bantuan yang signifikan dari refleksi.

4. Meningkatkan memori

Oksigen diperlukan untuk menjaga sel-sel tubuh dalam keadaan sehat. Stimulasi untuk refleks otak dari kaki bisa meningkatkan sirkulasi darah ke kepala, dan jika dilakukan secara rutin akan membantu meningkatkan pikiran bagi orang pelupa.

5. Membantu atasi sembelit

Ketika seseorang mengalami sembelit atau konstipasi maka pijat refleksi di kaki bisa memberikan stimulasi dari usus besar, usus dan refleks terkait lainnya sehingga membantu mengembalikan ke keadaan normal.


(ver/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit