detikhealth

5 Cara Menghindari Stres di Akhir Pekan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 01/07/2012 12:11 WIB
Ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Akhir pekan seharusnya menjadi kesempatan untuk meredakan stres, namun tak jarang kesempatan ini tidak termanfaatkan. Agar akhir pekan tidak berlalu begitu saja tanpa meninggalkan makna, maka butuh stretegi untuk menghindari stres.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari stres di akhir pekan antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Goodrelaxation, minggu (1/7/2012).

1. Matikan semua alat telekomunikasi
Agak sulit dilakukan bagi orang yang supersibuk, tetapi ini adalah cara paling efektif untuk keluar dari pemicu stres sehari-hari yakni gulungan waktu dan rutinitas. Mematikan ponsel sudah cukup untuk menghindarkan diri dari berbagai notifikasi email, pesan di facebook, twitter dan sebagainya.

2. Tonton sesuatu yang lucu
Setelah lepas dari gulungan waktu, ketegangan urat saraf baru bisa diredakan dengan cara-cara tertentu misalnya menonton pertunjukan lawak. Hal-hal lucu di sekitar kita, seperti tingkah polah anak-anak juga bisa mengendurkan urat saraf dari berbagai beban masalah.

3. Abaikan urusan penting
Sekali waktu, tetapkanlah akhir pekan sebagai hari tidak penting sedunia, dalam arti tidak boleh memikirkan sesuatu yang penting. Segala hal yang dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu haruslah hal-hal yang tidak penting, maka akhir pekan akan terasa berbeda.

4. Lakukan sesuatu yang baru
Hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya tidak hanya menambah pengalaman, tetapi juga bisa mengalihkan perhatian dari berbagai masalah yang kadang masih terbawa dari tempat kerja. Jelajahi tempat-tempat yang terbaikan dan belum pernah dikunjungi saking sibuknya, padahal mungkin letaknya tidak jauh dari rumah.

5. Lakukan kegiatan amal
Kegiatan amal bisa memberikan segala manfaat akhir pekan, karena selain meredakan stres juga bisa memberi kepuasan tersendiri secara batiniah atau rohaniah. Merasakan sendiri bahwa tidak semua orang punya nasib baik akan membuat orang terdorong untuk lebih mensyukuri hidupnya, tidak lagi banyak mengeluh dan akhirnya terhindar dari stres.



(up/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit