detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 13:16
100 Konsultasi Terpopuler

Menstruasi Bikin Perempuan Makin Doyan Makan Cokelat?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 29/07/2012 10:02 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa perubahan hormonal saat menstruasi bisa memicu peningkatan nafsu makan, khususnya makanan manis dan berlemak seperti cokelat. Benarkah perempuan bisa mendadak suka cokelat cuma karena menstruasi?

Dalam penelitian terdahulu, keinginan kuat untuk makan cokelat teramati pada perempuan yang sedang mendekati menstruasi. Pada fase-fase tertentu, perubahan hormon menjelang menstruasi membuat keinginan untuk makan enak makin tidak tertahankan.

Namun ada beberapa keterbatasan pada penelitian tersebut, yang akhirnya membuat para ahli kembali meragukan kebenarannya. Salah satunya karena penelitian tadi melibatkan para penderita gangguan pola makan, termasuk bulimia sehingga hasilnya kemungkinan tidak valid.

Untuk membuktikan ulang, Megan Apperson McVay dari Louisiana State University melakukan penelitian pada sejumlah perempuan usia subur yang tidak mengalami gangguan pola makan. Hasilnya, peningkatan nafsu makan enak menjelang menstruasi hanya ditemukan pada 35 persen partisipan.

Pada sebagian kecil partisipan yang mengalami peningkatan nafsu makan saat melihat semangkuk cokelat, para peneliti juga tidak menemukan hubungannya dengan hormon. Malahan diduga, perubahan mood atau suasana hati lebih berpengaruh pada perubahan tersebut.

"Perlu penelitian lebih lanjut untuk menentukan hubungan antara peningkatan nafsu makan dengan perubahan emosi di seputar siklus menstruasi," kata McVay yang akan mempublikasikan temuannya ini di jurnal Appetite, seperti dikutip dari Livescience, Minggu (29/7/2012).

Sementara dalam penelitian lain, cokelat terbukti terbukti sebagai pereda nyeri yang ampuh bagi perempuan yang sedang menstruasi. Kandungan magnesium serta asam lemak omega 3 dan 6 disebut-sebut juga bisa memperbaiki suasana hati yang sering berantakan saat sedang datang bulan.



(up/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit