detikhealth

Jangan Takut, Ngidam Tak Dituruti Tak Bikin Anak Ileran Kok

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Selasa, 14/04/2015 09:04 WIB
Jangan Takut, Ngidam Tak Dituruti Tak Bikin Anak Ileran KokIlustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Keinginan untuk mengonsumsi sesuatu atau yang biasa disebut dengan ngidam umum dialami oleh ibu hamil. Di masyarakat pun kerap timbul kepercayaan jika sebaiknya ngidam dituruti, karena jika tidak si anak kelak bisa ileran.

"Ngidam dan ngileran hanyalah sebuah mitos. Tidak terbukti di sisi medis," tegas dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Selasa (14/4/2015).

Ia menekankan, jika ibu hamil ingin makan sesuatu, silakan saja makan, tidak masalah. Jangan pula takut akan menimbulkan masalah jika tidak dituruti si anak nantinya bakal ileran.

Baca juga: Amankah Melakukan Yoga Saat Hamil? Ini Kata Dokter

"Berapa banyak sih Anda melihat anak kecil yang ileran? Atau mungkin definisi operasional dari kata ileran itu apa? Apakah produksi iler dalam jumlah tertentu? Nope. Can't explain? Than it's a myth," imbuh ayah satu anak ini.

Terkait makanan pada ibu hamil, dr Hari mengatakan memang banyak mitos seputar makanan untuk orang hamil, yang boleh dimakan dan yang harus dihindari. Beberapa makanan yang kerap dijadikan pantangan yakni mi instan, buah nanas, dan juga makanan yang dibakar atau barbeque.

Menurut dr Hari, asal tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebih, makanan-makanan tersebut relatif aman untuk ibu hamil. Khusus barbeque, bahaya terbesar yang muncul diakibatkan ketakutan kurang matangnya proses pembakarannya, sehingga kuman masih bisa hidup. Selama pembakaran baik dan bahan baku fresh, makanan bakaran dikatakan aman untuk kehamilan.

"Intinya berbagai jenis makanan boleh dikonsumsi tapi batasi jumlahnya, jangan berlebihan. Prinsipnya, asal tahu rasanya saja. Selama memang bukan hal-hal yang jelas-jelas bahaya ya," pungkas dr Hari.

Baca juga: Olahraga Saat Hamil Dapat Cegah Kenaikan Bobot Ibu yang Berlebih

(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit