detikhealth

Buah Pome si Antioksidan Baru

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 23/06/2009 15:03 WIB
Buah Pome si Antioksidan Baru(dok ISHS)
Jakarta, Buah pome alias buah delima (pomegranate) yang dalam bahasa latin disebut punica granatum, sedang santer diperbincangkan karena diduga mengandung banyak antioksidan.

Dulu orang hanya mengira antioksidan terdapat di teh hijau, buah jeruk, sereal sorgum, dan sayuran yang berwarna hijau. Kini buah pome juga diduga mengandung banyak antioksidan?

Pada penelitian awal, buah pome efektif dalam mengurangi faktor risiko penyakit jantung, oksidasi LDL, oksidasi macropaghe, dan pembentukkan sel busa, yang semuanya merupakan langkah atherosclerosis dan penyakit cardiovascular (jantung).

The Wall Street Journal of Health, seperti dikutip Selasa (23/6/2009) mencatat buah pome memiliki manfaat membantu jantung, dimana antioksidan yang terkandung didalamnya membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolesterol. Buah pome juga mencegah kanker prostat, dan dilengkapi dengan vitamin A, C, dan E serta asam folat yang penting pada tahap awal kehamilan.

Antioksidan yang paling banyak terdapat di buah pome adalah polifenol. Antioksidan ini juga bisa menghambat kanker prostat, antioksidan tersebut membantu memperlambat penyakit ini.

Universitas California, Los Angeles telah melakukan penelitian ini terhadap 50 orang. Tim dari UCLA juga menyakini bahwa dalam buah pome terdapat zat anti-inflammatory, isoflavon yang dapat membunuh sel kanker, dan antioksidan.

Peneliti dari Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa orang yang meminum jus 3 kali atau lebih dalam seminggu, dapat menurunkan resiko terkena alzheimer hingga 76% dibandingkan orang yang tidak minum jus sama sekali. Hal ini tidak lepas dari peran antioksidan yang terkandung didalamnya.

Sejak berabad-abad yang lalu, tanaman pome telah dikenal sebagai obat manjur untuk mengobati berbagai gangguan pencernaan, seperti diare dan disentri.

Hal itu disebabkan tingginya kandungan tannin yang berkhasiat sebagai astringen, yaitu menyusutkan selaput lendir usus sehingga pengeluaran cairan diare berkurang. Sementara alkaloid pelletierine pada akarnya sangat membantu mengeluarkan cacing pita dan cacing gelang dari usus.

Secara umum, antioksidan dalam buah pome tidak dapat berfungsi secara maksimal jika kita tidak menjaga pola hidup.

Faktor lain yang dapat menunjang timbulnya berbagai penyakit tersebut juga harus dihindari, sehingga manfaat dari buah pome itu bisa maksimal.

(ver/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit