detikhealth

Ciri-ciri Krim Pemutih yang Mengandung Bahan Berbahaya

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 14/03/2012 14:54 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Saat ini banyak beredar krim-krim yang mengklaim bisa memutihkan kulit. Tapi masyarakat sebaiknya waspada, karena krim tertentu kadang mengandung bahan yang berbahaya seperti merkuri dan hydroquinon. Bagaimana cara mengetahuinya?

Lapisan kulit yang disebut dermis mengandung sel pigmen khusus yang disebut melanosit yang berfungsi menghasilkan pigmen melanin yang nantinya didistribusikan diantara lapisan kulit.

Sayangnya saat ini banyak orang yang terobsesi ingin memiliki warna kulit lebih putih, sehingga penggunaan krim pemutih meningkat. Hal ini karena dalam budaya tertentu, warna kulit terang dianggap memiliki keuntungan sosial.

Produk perawatan kulit umumnya populer di negara Asia dan Afrika. Dan sebagian besar produk pemutih kulit mengandung 1 atau 2 dari tiga pemutih kulit yang paling umum yaitu hydroquinon, merkuri dan corticosteroid atau hyrdocortisone (krim steroid).

Merkuri dan hydroquinon digunakan untuk mengganggu produksi melanin (menghambat pigmentasi) dalam sel melanosit yang berfungsi memberikan warna kulit alami. Umumnya genetik dan paparan sinar matahari menentukan jenis dan jumlah melanin yang disintesis oleh melanosit dan pola distribusinya, seperti dikutip dari Emaxhealth, Rabu (14/3/2012).

Senyawa merkuri seharusnya tidak boleh digunakan sama sekali, sedangkan hydroquinon sebenarnya hanya boleh terkandung sebanyak 2 persen saja, jika lebih dari itu harus berdasarkan resep dari dokter. Tapi beberapa krim kulit mencampurkan merkuri atau menggunakan hydroquinon hingga mencapai 4 persen.

Kondisi ini bisa memberikan efek buruk karena penggunaan hydroquinon jangka panjang bisa sangat beracun dan menyebabkan efek samping yang parah termasuk kerusakan ginjal, hati, sejumlah penyakit kulit dan keracunan.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit