Gatal-gatal Sampai 5 Hari Ternyata Ada Laba-laba di Telinga

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 10/08/2012 10:34 WIB
(dok: Foxnews)
Jakarta, Binatang yang sedang mencari sarang rupanya sangat tertarik melihat lubang telinga yang gelap dan hangat. Seekor laba-laba merayap masuk ke lubang telinga seorang perempuan di China dan baru ketahuan setelah gatal-gatal selama 5 hari.

Masuknya seekor binatang yang tidak disebutkan ukurannya itu terjadi ketika perempuan bernama Ms Lee tersebut sedang tidur. Begitu nyenyaknya sampai-sampai kehadiran serangga berbulu dan berkaki banyak ini tidak disadari oleh perempuan asal China tersebut.

Dalam kondisi terjaga, jangankan lubang telinga, kulit tangan atau kaki saja akan terasa geli kalau ada laba-laba merayap di permukaannya. Namun dalam kasus ini, si laba-laba begitu leluasa menjelajah saluran pendengaran tanpa disadari oleh korbannya.

Pada hari-hari berikutnya, Ms Lee hanya mengeluh gatal-gatal di telinga dan tidak menyangka ada makhluk hidup numpang menginap di dalam rongga kepalanya. Baru setelah genap 5 hari, ia memeriksakan diri ke dokter telinga karena keluhan itu sudah mulai terasa mengganggu.

Di Changsa Central Hospital, tepatnya tanggap 8 Agustus 2012 Ms Lee menjalani pemeriksaan telinga. Karena tidak punya riwayat penyakit telinga, maka dokter memutuskan untuk melakukan peneropongan dengan kamera khusus ke dalam rongga telinga.

Para dokter dilaporkan sangat terkejut mendapati hasil peneropongan, sebab di dalam telinga ada makhluk bermata 4 dengan kaki berbulu sedang menatap ke arah kamera. Makhluk hidup itu kemudian diidentifikasi sebagai arachnida, atau dalam bahasa awam disebut hewan berbuku-buku.

Awalnya para dokter ragu-ragu untuk mengeluarkannya karena takut hewan tersebut malah panik dan masuk semakin jauh ke rongga telinga bagian dalam. Namun dengan cairan garam, akhirnya laba-laba merasa tidak nyaman lalu keluar dengan sendirinya.

"Kami khawatir laba-laba itu menuruti insting untuk masuk lebih dalam dan menggaruk liang telinga. Ms Lee sudah hampir menangis karenanya," kata salah seorang dokter seperti dikutip dari Foxnews, Jumat (10/8/2012).


(up/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit