detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 13:16
100 Konsultasi Terpopuler

Pria Ini Hidup Tanpa Jantung Selama 6 Bulan

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Rabu, 03/10/2012 11:31 WIB
Halaman 1 dari 2
Jakub Halik (dok. caters news)
Jakarta, Jantung merupakan organ terpenting yang dimiliki manusia agar bisa terus hidup. Tapi apa jadinya jika organ itu rusak dan harus dibuang?

Kendati begitu berkat teknologi medis yang semakin canggih, seorang pria berkebangsaan Ceko, Jakub Halik berhasil menjadi manusia pertama yang bisa hidup tanpa jantung hingga enam bulan lamanya.

Mantan petugas pemadam kebakaran ini juga merupakan orang kedua dalam sejarah yang menjalani operasi pengangkatan jantung untuk kemudian menggantikannya dengan pompa mekanik.

Manusia pertama yang memperoleh prosedur ini adalah seorang pria dari Texas, AS bernama Craig Lewis, namun ia meninggal beberapa minggu setelah operasi pada tahun 2011.

Menurut keterangan Reuters, jantung Halik diangkat pada bulan April 2012 setelah ditemukan sebuah tumor agresif yang tumbuh pesat di dalam organnya itu.

Pada waktu itu ayah satu anak ini dilaporkan tak dapat menjalani transplantasi jantung karena obat yang harus diminum saat pemulihan tak boleh bentrok dengan obat-obatan yang dikonsumsi Halik sebagai pasien kanker.

Lalu tim medis asal Ceko yang dipimpin oleh dokter spesialis jantung bernama Jan Pirk memutuskan untuk mengganti organ tersebut dengan dua pompa mekanik. Prosedur operasi yang dilakukan di Institute for Clinical and Experimental Medicine (IKEM), Praha ini menghabiskan waktu selama 8 jam.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit