Minggu, 15 Mei 2016 00:00 WIB

Mana yang Lebih Baik untuk Anak, Eksplorasi Langsung atau Eksplorasi Digital?

adv - detikHealth
Jakarta -

Sebagai orang tua, Anda adalah orang terdekat sekaligus guru bagi sang buah hati. Melalui eksplorasi dengan lingkungan sekitar, Andalah yang berperan penting untuk mengajarkan berbagai hal dasar atau sederhana, seperti pengetahuan tentang hewan, tumbuhan, dan sebagainya.

Anda bisa mengajak anak bereksplorasi secara langsung, misalnya dengan pergi ke kebun binatang. Aktivitas seperti ini tentu dapat membantu anak lebih cepat memahami ciri khas masing-masing hewan. Dengan melihat atau bahkan menyentuh hewan secara langsung, panca indra anak dapat terangsang dan semua itu akan terserap ke dalam memorinya.

Mendampingi anak saat ia mengeksplorasi hal yang baru ditemui juga bisa menjadi momen bonding antara ibu dengan buah hati. Bukan sekadar jalan-jalan biasa, tapi rekreasi yang edukatif dan eksploratif. Namun bagi orang tua yang tinggal di kota besar seperti Anda, umumnya yang menjadi kendala untuk eksplorasi langsung adalah keterbatasan waktu dan tenaga.

Mengajak anak ke kebun binatang, taman, atau tempat rekreasi alam, paling-paling bisa Anda lakukan di hari libur saja. Itu pun mungkin tidak setiap akhir pekan. Apalagi, daerah-daerah wisata seperti itu biasanya lebih padat pada saat akhir pekan dan hari libur nasional.

Anda yang sudah terbiasa bermacet-macet saat hari kerja, kadang merasa enggan untuk bepergian jauh. Anda pun ingin menikmati waktu untuk bersantai atau beristirahat di rumah, bukan? Namun di sisi lain, Anda tidak ingin melewati waktu kebersamaan dengan sang buah hati.

Selain eksplorasi secara langsung, Anak juga bisa mendapatkan pengetahuan baru dari gambar atau bahkan media elektronik. Tidak perlu ke mana-mana, cukup di rumah saja. Ada banyak konten video, aplikasi, atau permainan edukatif yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana eksplorasi digital. Meski tentu saja, pengalaman yang dapat ia peroleh berbeda dengan eksplorasi langsung.

Anak harus diawasi ketika mengeksplorasi internet karena mudahnya akses ke berbagai konten yang tidak layak. Ibu harus memastikan bahwa ketika anak akan bereksplorasi, aplikasi atau video yang mereka akses sudah sesuai untuk usianya. Untungnya, saat ini sudah banyak browser dan provider internet menerapkan teknologi yang 'ramah' untuk anak-anak.

Jika tidak dibatasi, penggunaan elektronik seperti gadget dapat membuat anak 'kecanduan'. Pendampingan ibu sangat penting agar manfaat eksplorasi digital tidak malah membuat anak jadi kecanduan gadget. Ibu harus membuat aturan yang tegas dan memberikan contoh bagaimana penggunaan gadget yang wajar. Jangan hanya melarang anak berhenti main gadget, sementara Anda sendiri tidak bisa lepas dari gadget.

Terlepas dari metode mana yang lebih baik, eksplorasi langsung atau eksplorasi digital, masing-masing memiliki nilai positif dalam mengembangkan kemampuan anak. Satu hal yang terpenting adalah pendampingan ibu saat anak mengeksplorasi berbagai hal baru.

Saat bereksplorasi, pastikan anak Anda terlindungi dari dalam. Jika daya tahan tubuhnya lemah, anak jadi lebih mudah sakit dan waktu bereksplorasinya pun berkurang. Umumnya, masalah pencernaan juga dapat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh anak. Maka dari itu, ibu harus memerhatikan nutrisi seimbang yang mudah dicerna olehnya.

Tahukah, Anda? Friso diperkaya ALA, LA, Prebiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, dan E, serta Zink, Zat Besi, dan Selenium yang dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Baiknya lagi, Friso diproduksi melaluiSingle Process. Apa artinya? Susu Friso tidak dipanaskan secara berlebih sehingga kualitas nutrisi di dalamnya masih terjaga, serta mudah dicerna dan diserap tubuh. Friso juga diproses dengan konsep grass to glass, di mana rantai produksi dimulai dari pakan rumput berkualitas hingga menjadi segelas susu yang dikonsumsi anak Anda.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, ia bisa lebih banyak bereksplorasi dan menemukan hal baru di sekitarnya. Friso Gold 3 dapat diberikan kepada anak berusia 1 – 3 tahun. Sementara jika anak Anda sudah berusia di atas 3 tahun, berikan ia Friso Gold 4. Ingin tahu lebih banyak tentang Friso? Silakan cari tahu di sini.

(adv/adv)