Selasa, 20 Des 2016 00:00 WIB

Lakukan Persiapan Ini Sebelum Check Up

Advertorial - detikHealth
Jakarta -

Kesehatan itu mahal harganya, tetapi ketika sakit akan lebih mahal lagi biayanya. Oleh karena itu, mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebagai langkah pencegahan, medical check-up penting dilakukan guna membantu mendeteksi dini berbagai kemungkinan terdapatnya penyakit dalam tubuh, baik yang timbul dari pengaruh gaya hidup, pola makan ataupun faktor turunan (genetik) sehingga dapat dicegah dan ditindaklanjuti secepat mungkin.

Agar hasil pemeriksaan optimal dan menggambarkan kondisi tubuh sebenarnya, sebaiknya lakukan persiapan berikut ini sebelum medical check up:

  • Pastikan tubuh mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup (paling sedikit 150g/hari) selama tiga hari sebelumnya.
  • Puasa selama 12 jam dan jangan lebih dari 14 jam sebelum waktu pemeriksaan. Sebagai contoh: jika berencana periksa pukul 8 pagi, sebaiknya terakhir makan pukul 8 malam sebelumnya.
  • Selama puasa: jangan merokok, tidak diperbolehkan makan apapun termasuk permen karet, jangan minum teh, kopi, susu, atau yang lain meskipun tanpa gula. Silakan minum air putih saja.
  • Hindari berolah raga atau latihan fisik sebelum pengambilan spesimen.
  • Berhenti minum obat sejak 4 hingga 24 jam sebelum pengambilan darah atau 48 hingga 72 jam sebelum penampungan urin, kecuali dokter tetap menganjurkan minum obat atau kondisi kesehatan tak memungkinkan. Informasikan obat yang Anda konsumsi kepada petugas laboratorium.
  • Bila memungkinkan, lakukan pemeriksaan pada pagi hari antara pukul 07.00 hingga 09.00.

Dengan melakukan medical check-up, justru akan menghemat biaya pengobatan yang mungkin dikeluarkan apabila ternyata memiliki penyakit yang sudah menyebar atau sudah dalam stadium akhir di dalam tubuh. Anda juga tidak perlu takut akan hasil yang diterima dari medical check-up karena mengetahui hasil medical check-up memiliki banyak keuntungan.

Kunjungi www.prodia.co.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang medical check-up.



(adv/adv)