Senin, 30 Okt 2017 00:00 WIB

Waktu Terbaik Cek Gula Darah di Rumah

advertorial - detikHealth
Jakarta - Untuk mengecek kadar gula darah setelah makan, aturan waktu yang bisa digunakan yakni 2 jam setelah makan. Menurut Ketua Divisi Metabolik Endokrinologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Indonesia/RS Cipto Mangunkusumo, Dr dr Em Yunir SpPD-KEMD mengatakan, dalam waktu 120 menit, proses penyerapan makanan sudah menurun dan hampir selesai.

Kemudian juga jika melewati waktu dua jam maka kadar gula darah tidak lagi terpengaruh dengan makanan. "Batasannya sampai 3 jam lah masih bisa dievaluasi," kata dr Yunir dikutip dari Detik Health.

Pemeriksaan gula darah 2 jam setelah makan dikatakan dr Yunir bertujuan untuk melihat efek obat terhadap makanan yang diberikan.

Jadi ketika obat yang diberi ke pasien sudah memadai, sudah ada efek dua jam setelah makan kadar gula daranya turun. Meski sebetulnya, untuk melihat efek obat terhadap makanan yang diberi bisa pula dilihat dari pemeriksaan kadar gula darah puasa.

"Saat data masuk, dokter tahu bahwa pasien ini kurang obat jenis ini, kemudian ditambah obatnya atau disesuaikan," ujar dr Yunir.

Pentingnya pemeriksaan ini membuat para penderita diabetes atau kencing manis mempunyai alat tes sendiri di rumah.

Walau punya alat sendiri, pemeriksaan di rumah sakit tetap perlu dilakukan secara berkala. Selain untuk sekalian melakukan pemeriksaan lainnya, pengukuran gula darah dengan alat rumahan bisa memberikan hasil yang sedikit berbeda dengan pengecekan di rumah sakit.

"Sumber darah kalau kita cek sendiri dari jari itu darah arteri. kalau di rumah sakit itu diambil darah vena," tambah Internis dari RS Mayapada indr Benjamin Sastro, SpPD.

Untuk pemeriksaan kadar gula darah seperti ini, Anda memerlukan alat pengukur yang terpercaya. GM700S Glucose Monitoring System merupakan alat pengukur kadar gula darah yang dilengkapi dengan teknologi paten terbaru. Sehingga memberikan hasil tes darah yang akurat.

Waktu Terbaik Cek Gula Darah di Rumah

Anda juga tidak perlu repot menghitung jam juga karena pengecekan glukosa darah disediakan opsi sebelum dan sesudah makan. GM700S ini dilengkapi dengan Rightest Strip untuk pengecekan glukosa darah yang lebih tepat dan akurat.

Selain itu, produk Bionime dengan nomor seri GM700S ini mempunyai modulasi otomatis yang pintar saat memasang dan mengukur.

Terakhir, alat berwarna putih ini juga hanya butuh 0.75 ┬Ál darah untuk pemeriksaan cepat. Pengecekan volume sel darah merah juga terpercaya.

Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat di sini. (adv/adv)