Senin, 06 Mei 2019 00:00 WIB

Biar Badan Nggak Drop Saat Puasa, Terapkan Tips Simpel Ini

Advertorial - detikHealth
Tips puasa lancar dan kesehatan tubuh tetap terjaga (Foto: Shutterstock) Tips puasa lancar dan kesehatan tubuh tetap terjaga (Foto: Shutterstock)
Jakarta - Bulan Ramadhan sudah tiba. Artinya, seluruh umat muslim di seluruh dunia mulai menjalankan ibadah puasa sebagai salah satu kewajiban. Agar puasa bisa dilaksanakan secara penuh dan maksimal, menjaga kesehatan tubuh tentu sangat penting untuk dilakukan. Apalagi tubuh harus terbiasa dengan pola makan yang berubah.

Agar kesehatan selama berpuasa tidak menurun, ada beberapa tips simpel yang patut dicoba. Pertama, luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk tidur siang dan usahakan tidur malam lebih awal untuk mengganti jam tidur yang kurang selama berpuasa.

Biasakan juga untuk berolahraga ringan setiap jelang waktu berbuka. Beberapa olahraga yang bisa dicoba di antaranya bersepeda, jalan kaki, dan jogging.

Selain itu, hindari konsumsi kopi dan teh saat sahur karena bisa membuat sering buang air kecil sehingga cadangan cairan tubuh berkurang. Usahakan juga untuk sahur jelang waktu imsak agar tubuh mendapat cadangan energi lebih banyak.

Biasakan juga untuk mengonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian seperti vitamin dan mineral. Asupan vitamin dan mineral yang terpenuhi akan mencegah tubuh mengalami penurunan kesehatan. Sebab, vitamin dan mineral berfungsi untuk membantu tubuh melakukan fungsinya dengan baik sekaligus meningkatkan kesehatan.

Selain dari konsumsi buah dan sayur, kebutuhan vitamin dan mineral harian juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi suplemen multivitamin. Apalagi jika tubuh memang kekurangan zat gizi tertentu atau jika menu makanan saat sahur atau berbuka kurang beragam, menambahkan suplemen dalam menu sehari-hari diperlukan untuk memenuhi vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen, perhatikan dulu beberapa hal agar mendapatkan suplemen yang tepat. Misalnya perhatikan label kemasan untuk mengetahui bahan yang terkandung dalam suplemen tersebut.

Perhatikan juga kualitas suplemen sebelum mengonsumsinya. Pastikan suplemen tersebut sesuai dengan standar yang ada di Indonesia dan terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM). Hal ini diperlukan untuk menjamin produk tersebut mengandung bahan-bahan yang tercantum pada label dan tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

Biar Badan Nggak Drop Saat Puasa, Terapkan Tips Simpel IniRenovit (Foto: dok. Renovit)

Salah satu suplemen yang berkualitas dan terpercaya adalah Renovit. Multivitamin ini mengandung 12 vitamin dan 13 mineral untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. Renovit menjadi salah satu cara mudah untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Tak hanya untuk menjaga daya tahan tubuh, Renovit juga bermanfaat untuk mempercepat regenerasi sel-sel tubuh yang rusak, mempercepat proses penyembuhan saat sakit, hingga memelihara daya ingat dan fungsi penglihatan.

Untuk yang berusia di atas 50 tahun, konsumsi Renovit Gold Multivitamin dengan formulasi khusus sesuai kebutuhan tubuh di usia 50 tahun ke atas. Renovit juga sugar free dan tidak mengandung ginseng sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

Cari tahu lebih banyak tentang Renovit dengan klik di sini. Yuk, minum Renovit agar tubuh tetap fit selama berpuasa! (adv/adv)

News Feed