Jumat, 24 Jan 2020 00:00 WIB

Fakta Jamur dari Himalaya: Ternyata Banyak Manfaatnya Loh!

Advertorial - detikHealth
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Cordyceps Militaris merupakan makanan sejenis jamur yang tumbuh di pegunungan Himalaya dan dataran tinggi Tibet. Dengan kemajuan teknologi, kini Cordyceps Militaris sudah bisa dikembangbiakkan di luar wilayah Tibet, termasuk di Indonesia yaitu dengan metoda kultur jaringan.

Metoda kultur jaringan ini mengambil Cordyceps Militaris yang langsung berasal dari pegunungan Himalaya dan dibiakkan di dalam botol kultur dengan medium dan kondisi tertentu, sehingga hasilnya akan memiliki sifat yang sama persis dengan induknya.

Dilansir dari Healhtline, Cordyceps ini ternyata memiliki banyak manfaat yang baik, para peneliti menemukan ragam khasiat dari tanaman ini yang mampu menjadi solusi bagi kesehatan tubuh kita. Berikut di antaranya.

Meningkatkan Energi Saat Olahraga

Cordyceps meningkatkan produksi molekul adenosine triphosphate (ATP) pada tubuh yang penting untuk menyalurkan energi ke otot. Hal ini dapat mengefektifkan tubuh dalam menggunakan stamina terutama saat berolahraga. Hal tersebut telah teruji pada 30 orang dewasa yang mengonsumsi 3 gram sintetis Cordyceps per hari.

Membantu Memerangi Peradangan

Cordyceps dikatakan membantu melawan peradangan dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa ketika sel-sel manusia terpapar Cordyceps, protein khusus yang meningkatkan peradangan dalam tubuh menjadi tertekan. Berkat efek potensial ini, para peneliti percaya Cordyceps dapat berfungsi sebagai suplemen atau obat antiinflamasi yang bermanfaat.

Memelihara Kesehatan Jantung

Cordyceps disetujui di China untuk pengobatan aritmia, suatu kondisi di mana detak jantung terlalu lambat, terlalu cepat atau tidak teratur. Sebuah penelitian menemukan bahwa Cordyceps secara signifikan mengurangi cedera jantung pada tikus dengan penyakit ginjal kronis. Para peneliti pun menghubungkan temuan ini dengan kandungan adenosin Cordyceps yakni memiliki efek perlindungan terhadap jantung.

Atasi Masalah Pernapasan

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma dr Helmin Agustina Silalahi mengatakan Cordyceps merupakan jamur yang dikenal sebagai tanaman obat tradisional kuno yang hidup sebagai parasit, dan mengandung banyak nutrisi, seperti protein, asam amino esensial, peptida, multivitamin, asam lemak, dan mineral.

Pada awalnya tumbuhan herba ini dianggap memiliki kandungan nutrisi yang efektif dipakai sebagai penambah stamina. Namun saat ini, manfaat Cordyceps juga diklaim dapat mengatasi masalah pernapasan dan menyehatkan paru dan ginjal.

"Kandungan polisakarida (cordycepic acid, cordycepin) dalam Cordyceps dapat meningkatkan suplai oksigen ke sistem kardiopulmoner (jantung dan paru-paru) dengan kecukupan oksigen pernapasan dapat membantu proses pernapasan berfungsi dengan baik," ujarnya baru-baru ini.

"Selain itu, gangguan pernapasan yang menyebabkan suplai oksigen berkurang seperti asma, bronkitis, dan penyakit paru lainnya seperti gangguan mukosa pernapasan pada perokok juga dapat dibantu dengan mengonsumsi Cordyceps," imbuhnya.

Cordyceps memiliki kandungan Adenosine dan Cordycepin. Adenosine baik untuk sumber energi dan pembentukan ATP. Sementara Cordycepin mampu meningkatkan sistem imun dan konsumsi oksigen kardiopulmoner. Karena itu konsumsi 1-2 kapsul per hari H2 Cordyceps Militaris bisa jadi alternatif meningkatkan stamina dan mengatasi gangguan pernapasan.

H2 Cordyceps Militaris dari H2 Health and Happiness adalah suplemen untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Suplemen ini juga meningkatkan konsumsi oksigen sistem kardiopulmoner saat stres dan meningkatkan kadar energi pada jaringan tubuh.

H2 Cordyceps memiliki kandungan alami (Adenosin dan Cordycepin) yang mampu untuk menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan stamina dan vitalitas sehingga bisa mengembalikan kebugaran dan energi lebih cepat.

Oleh karena itu gunakan selalu produk H2 Kalbe yang bisa didapatkan di Shopee dan Tokopedia.

(adv/adv)