Jumat, 19 Jun 2020 00:00 WIB

Penyakit Asam Lambung Sebabkan Masalah Serius, Begini Mengatasinya

Advertorial - detikHealth
adv sidomuncul Foto: Shutterstock
Jakarta - Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau penyakit asam lambung merupakan salah satu masalah pencernaan yang umum terjadi. GERD adalah kondisi di mana isi lambung berbalik kembali menuju kerongkongan.

Dalam kondisi normal, kontraksi otot lower esophagus sphincter (LES) sebagai pemisah kerongkongan dengan lambung akan terbuka dan tertutup secara teratur, untuk memberi jalur makanan dan minuman dari kerongkongan masuk ke lambung untuk dicerna. Ketika LES tidak bekerja dengan semestinya, makanan dan minuman yang tengah menuju lambung berbalik kembali ke kerongkongan. Hal itu dapat mengakibatkan luka pada kerongkonan hingga maag.

Gejala ketika GERD terjadi, dapat dirasakan berupa rasa panas di dada yang dapat merambat hingga ke leher. Selain itu, beberapa penderita GERD mencecap rasa pahit dan asam di lidah bagian belakang.

Dalam kondisi yang lebih serius, penyakit asam lambung menyebabkan sesak nafas. Hal itu terjadi karena asam lambung menginvasi paru-paru, sehingga menghalangi udara yang masuk dan keluar paru-paru.

Jika masalah GERD dibiarkan terus terjadi, ada sejumlah implikasi yang dapat terjadi, seperti iritasi tenggorokan, luka pada lambung (maag), serta kerusakan paru-paru. Oleh sebab itu, GERD kerap dikaitkan dengan beberapa masalah pernafasan semisal asma, laringitis, hingga radang paru-paru (pneumonia).

Risiko penyakit asam lambung rentan terjadi pada wanita hamil, serta perokok aktif maupun pasif. Orang dengan berat badan berlebih juga memiliki risiko tinggi terkena GERD. Sebab, kenaikan berat badan melebihi ambang batas normal membuat perut mendapatkan tekanan kuat, sehingga dapat mendorong asam lambung berbalik ke atas.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menghindari GERD, antara lain tidak makan dengan porsi berlebihan, menghindari makan dalam waktu 2-3 jam sebelum tidur, berhenti merokok, serta diet jika mengalami kelebihan berat badan. Pemberian obat-obatan yang mengandung antasida dapat meredakan penyakit asam lambung.

adv sidomunculFoto: Dok. Sido Muncul

Kamu juga bisa mengatasi gangguan lambung dengan mengonsumsi Esemag dari Sido Muncul. Esemag merupakan sirup herbal yang berkhasiat untuk mengatasi gangguan lambung seperti begah, kembung, perih dan mual serta dapat menjaga daya tahan tubuh.

Esemag memiliki beberapa kandungan esensial berkhasiat bagi lambung dan tubuh. Di antaranya, yaitu zat aktif kunyit. Dijelaskan dalam jurnal 'Pharmacognosy Reviews' vol.7 tahun 2013, zat aktif kunyit memiliki aktivitas antiulcer untuk mengurangi peradangan lambung dan mengurangi produksi asam lambung.

Selain itu, Esemag mengandung licorice. Mengutip studi berjudul 'Irian Journal of Pharmaceutical Research', licorice mampu meningkatkan lapisan mukosa yang berfungsi untuk melindungi lambung.

Kandungan lainnya, yaitu meniran yang disebutkan dalam jurnal 'Complementary and Alternative Medicine' sebagai anti inflamasi dan melindungi lambung. Esemag juga mengandung madu yang dapat mengatasi masalah pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh

Mengonsumsi Esemag setiap hari dapat membantu meringankan gangguan lambung seperti begah, kembung, perih dan mual. Selain itu, minum Esemag secara teratur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk mencegah masalah lambung dan menjaga kesehatan tubuh, kamu dapat membeli Esemag melalui www.sidomunculstore.com atau di toko toko terdekat, apotik, dan toko obat. (adv/adv)