Selasa, 20 Apr 2021 00:00 WIB

Lebih Sehat, Ini 4 Superfood yang Cocok untuk Buka Puasa

Advertorial - detikHealth
adv realfood
Jakarta - Mengatur menu makanan yang sehat dan seimbang untuk buka puasa adalah hal yang penting dilakukan. Sebab pola makan saat Ramadan berbeda dengan pola makan sehari-hari ketika tidak berpuasa.

Tubuh perlu asupan gizi yang cukup agar cepat mengganti tenaga kembali setelah seharian berpuasa penuh agar siap menjalani ibadah puasa di keesokan hari. Menjelang waktu berbuka, kamu dianjurkan untuk memakan makanan dalam porsi kecil agar mudah dicerna.

Kemudian, mengutip dari Healthline sebaiknya hindari makanan yang terlalu berlemak karena akan membebani sistem pencernaan. Sebaliknya, pilih makanan atau minuman yang memiliki kandungan karbohidrat atau gula sederhana dan cenderung bersahabat dengan lambung.

Apa saja makanan sehat yang cocok untuk buka puasa di bulan Ramadan? Berikut beberapa pilihannya seperti dikutip dari beragam sumber.

Madu

Madu merupakan makanan sehat untuk berbuka puasa. Hal ini karena madu mengandung sejumlah gula alami, seperti fruktosa, maltosa, glukosa dan sukrosa. Gula alami tersebut nantinya akan diolah menjadi kalori yang efektif meningkatkan energi tubuh selama berpuasa.

Di samping itu, melansir dari Medical News Today, sebuah riset menunjukkan khasiat madu untuk mencegah peningkatan asam lambung, dengan cara melindungi kerongkongan (esofagus) dan lambung. Dengan begitu, konsumsi rutin madu bisa membantu mengurangi risiko penderita GERD yang dapat memicu peradangan dan nyeri pada ulu hati.

Yoghurt

Sebagian dari kamu mungkin ragu untuk mengonsumsi yoghurt sebagai menu berbuka puasa. Alasannya karena produk olahan susu ini memiliki rasa yang cenderung asam, sehingga ditakutkan akan menimbulkan maag atau sakit perut. Padahal, yoghurt bisa diandalkan sebagai menu untuk buka puasa karena bernutrisi dan mengenyangkan, lho.

Yoghurt memiliki kandungan lengkap dan kaya akan gizi, antara lain protein, vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan gizi ini dapat membantu menjaga daya tahan tubuh supaya kamu bisa tetap bugar dan sehat selama menjalankan ibadah puasa.

Oatmeal

Mengutip Health Harvard Edu, saat berbuka puasa sebisa mungkin hindari makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi karena membuat kamu jadi mudah lapar. Sebagai opsi lain, kamu bisa mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah, salah satunya yaitu oatmeal.

Oatmeal kaya akan serat sehingga membuat rasa kenyang lebih cepat dan bertahan lama. Oleh karena itu, untuk kamu yang sedang menjalani diet, oatmeal sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa. Supaya lebih segar jangan lupa tambahkan campuran buah-buah segar, madu, dan susu rendah lemak. Semuanya itu bisa kamu gunakan untuk mendapatkan rasa yang lebih beragam.

Kurma

Berdasarkan sebuah jurnal yang diterbitkan NCBI, kurma merupakan makanan yang sangat ideal untuk berbuka puasa. Buah kurma juga kaya akan serat yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Makanlah tiga butir kurma saat buka puasa, dilanjutkan dengan beberapa teguk air putih.

Selain mengonsumsi kurma sebagaimana mestinya, bisa juga dengan cara yang lain. Misalnya saja dengan mengonsumsi 1 jar Realfood Forever Glow saat berbuka puasa. Dengan formulasi semi concentrated dan ekstrak kurma, Realfood Forever Glow membantu menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh, menjaga metabolisme tubuh, memelihara mukosa lambung, serta menjaga kelembapan kulit selama bulan puasa.

adv realfoodFoto: dok. Realfood

Kandungan kurma dengan antioksidan-nya mampu menghambat proses penuaan dini akibat paparan radikal bebas. Program ini juga membantu menjaga kesehatan kulit karena diperkaya dengan kandungan kolagen.

Program 12 hari Fit with Realfood Forever Glow cocok untuk dikonsumsi oleh Realfoodfam yang beraktivitas setiap hari. Program Realfood Forever Glow ini pun juga mengandung asam sialat yang efektif menjaga imunitas dan metabolisme tubuh.

Selain Program Forever Glow ini, kamu juga dapat mengikuti program sehat Realfood lainnya sesuai dengan kebutuhan, antara lain program Forever Young, Forever Young+, Wonder Mom, Stay Fit, Royal Wellness, Ever Glow, Ever Glow+, Pure Wellness, Hair Power, dan Bright Sight.

Kamu nggak perlu khawatir karena seluruh program tersebut aman untuk dikonsumsi segala usia. Tidak hanya dibuat tanpa bahan pengawet, pemanis dan pewarna buatan, program ini juga halal dan sudah tersertifikasi BPOM.

Agar nutrisi diserap maksimal dan kamu mendapatkan hasil yang optimal, program sehat ini baik dikonsumsi rutin saat perut kosong. Soal daya tahan, program 12 hari Fit with Realfood ini dapat bertahan selama 12 bulan dalam suhu ruangan karena sudah melalui proses produksi steril berstandar ISO 22000 dan menggunakan sistem vacuum cap. Jadi, tunggu apalagi? Yuk sehat bersama program sehat Realfood pilihanmu. (adv/adv)