Tips Menjaga Massa Otot untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh

Tips Menjaga Massa Otot untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh

Advertorial - detikHealth
Minggu, 08 Agu 2021 00:00 WIB
adv ensure
Jakarta - Otot merupakan salah satu jaringan penting yang terdapat pada tubuh manusia. Setiap sentimeter pergerakan tubuh membutuhkan partisipasi otot. Tak heran, otot memiliki peran sentral dalam menjaga stabilitas tubuh.

Apabila massa otot seseorang menurun maka dalam jangka panjang akan membuat tubuhnya tidak seimbang. Penurunan massa otot yang biasa disebut sebagai sarkopenia, yakni masalah yang sering dialami oleh orang di atas usia 50 tahun namun hal ini juga bisa menimpa orang berusia 35-40. Fakta menyebutkan massa otot akan berkurang hingga 33%* setelah berusia 30 tahun.

Ada beberapa efek buruk dari penurunan massa otot, seperti menurunnya energi untuk beraktifitas, kecepatan berjalan yang melambat, melemahnya daya tahan tubuh, berkurangnya kekuatan, penurunan berat badan dan penurunan fungsi organ tubuh. Oleh karenanya, penting sekali untuk menjaga massa otot untuk pencegahan sarcopenia sedini mungkin.

Adapun cara untuk mencegah penurunan atau menjaga massa otot ini bisa dilakukan dengan dua hal, yaitu olahraga teratur dan mencukupi nutrisi untuk otot dengan memperbanyak konsumsi makanan tinggi protein seperti daging, makanan laut, telur, kacang-kacangan, susu dan produk olahannya.

Selain dari makanan, pastikan juga cara menjaga kesehatan otot didukung dengan mengonsumsi susu yang penuh nutrisi seperti Ensure. Ensure diperlukan untuk mendukung nutrisi harian di usia dewasa. Ensure juga membantu jaga daya tahan tubuh dan jaga kekuatan untuk aktif sepanjang hari.

Menilik hal ini, detikcom bersama PT Abbott Indonesia akan menyelenggarakan acara Webinar dengan tema 'Pentingnya Jaga Massa Otot Untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh'. Pada acara kali ini, masyarakat akan mendapat banyak sekali tips dari para ahli mengenai bagaimana tetap bisa menjaga massa otot agar kita dapat menikmati masa tua yang berkualitas.

Pada webinar kali ini juga akan dijelaskan mengenai 'ENSURE Stand 4 Strength' yaitu edukasi untuk mengetahui usia otot dengan menggunakan kalkulator usia otot. Massa otot yang juga berhubungan dengan meningkatnya daya tahan tubuh untuk hidup yang lebih berkualitas.

Acara ini akan menghadirkan 4 pembicara di antaranya ahli nutrisi dalam bidang kesehatan sekaligus Spesialis Gizi Klinik dr. Diana F Suganda. Dia akan menjelaskan pentingnya asupan nutrisi yang tepat untuk menjaga daya tahan tubuh dan massa otot agar tetap fit di dewasa terutama usia senja.

Selain itu, pembicara lainnya datang dari Spesialis Penyakit Dalam dr. Jeffri Aloys Gunawan yang akan membahas mengenai pentingnya menjaga daya tahan tubuh dan hubungannya dengan penurunan massa otot terutama di usia 35-40.

Pembicara lainnya yakni seorang Fitness Instruktur Jasen Ongko yang akan mengulas pentingnya menjaga massa otot untuk usia dewasa dengan simple exercise atau latihan sederhana.

Sementara pembicara terakhir Senior Medical Affairs PT Abbott Indonesia dr. Efraim Ariesandy yang akan mengajak masyarakat untuk mengetahui usia otot dengan menggunakan kalkulator usia otot agar dapat terus menjaga massa otot untuk hidup yang lebih berkualitas. Selain itu, webinar ini akan dipandu oleh Melanie Putria sebagai Host.

Untuk diketahui, detikers dan masyarakat dapat menyaksikan Webinar ini secara langsung melalui microsite detikcom. Webinar ini akan berlangsung pada Sabtu 14 Agustus 2021 Pukul 10.00-12.00 di sini.

Segera daftarkan diri melalui detik.id/daftarensure dan dapatkan Voucher potongan harga senilai Rp 25,000 setiap pembelian produk Ensure 150 gram untuk 2.000 pendaftar pertama. Selain itu ada Voucher Belanja Rp 300,000 untuk 4 Penanya Terpilih saat webinar berlangsung. Yuk catat tanggalnya, ikuti acaranya dan menangkan hadiahnya! (adv/adv)