Jumat, 12 Nov 2021 00:00 WIB

Mau Bantu Berantas Narkoba? Cek Caranya di Sini

Advertorial - detikHealth
adv Foto : SHUTTERSTOCK
Jakarta - Mau tak mau harus diakui narkoba masih beredar luas di tengah masyarakat. Dari data yang dihimpun Badan Narkotika Nasional (BNN), sejak 2020 hingga pertengahan 2021, BNN berhasil menyita barang bukti narkoba sebanyak 3,52 ton sabu, 5,91 ton ganja, memusnahkan 87,5 ladang ganja dan 515.519 butir ekstasi. BNN juga telah mengungkap 107 jaringan sindikat narkoba dalam negeri dan internasional dari 126 jaringan yang dipetakan.

Sebagai upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), BNN menyatakan perang terhadap narkoba melalui program-program yang dilaksanakan di bawah slogan War on Drugs. Dalam menjalankan tugas memberantas peredaran narkoba, BNN tentu tidak bisa dhanya bekerja sendiri. Peran serta seluruh lapisan masyarakat amat diperlukan dalam berperang melawan narkoba.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan? Inilah beberapa cara untuk ikut menciptakan lingkungan bebas narkoba.

Menjadi Agen Pemulihan

Kasus penyalahgunaan dan peredaran narkoba sudah merambah sampai ke tingkat pedesaan, bahkan ke pelosok desa. Sementara itu, akses untuk mendapatkan layanan rehabilitasi di pedesaan masih sulit dijangkau.

Umumnya, penyalahgunaan narkoba di desa masuk kategori rendah sehingga tidak membutuhkan layanan rehabilitasi jangka panjang. Dari dua kondisi ini, BNN membentuk program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) yang dirancang dari masyarakat, untuk masyarakat, dan oleh masyarakat melalui Agen Pemulihan.

Tugas Agen Pemulihan meliputi pendampingan dan pemantauan terhadap pengguna narkoba serta menjangkau para pengguna narkoba yang sudah direhabilitasi. Hal ini sesuai dengan piramida layanan kesehatan jiwa oleh badan kesehatan dunia atau WHO yang menyebut layanan informal berbasis komunitas dapat diberikan kepada penyalahguna narkoba kategori coba pakai dan teratur pakai.

Selain memberi pembinaan pada pecandu, Agen Pemulihan juga bertugas mengubah pola pikir masyarakat untuk menghilangkan stigma pada mantan pecandu yang ingin kembali ke masyarakat.

Nah, Agen Pemulihan ini bisa diikuti oleh anggota masyarakat di Desa Bersinar dengan mendaftar melalui Satuan Perlindungan Masyarakat Desa, PKK dan Karang Taruna.

Relawan Anti Narkoba

Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tidak akan berhasil jika tidak ada keterlibatan seluruh komponen masyarakat secara langsung. Oleh karena itu, BNN memfasilitasi dengan membentuk Relawan Anti Narkoba yang diharap secara sukarela bisa menjadi agen perubahan yang menggerakkan partisipasi masyarakat.

Tugas dan fungsi Relawan Anti Narkoba adalah menjadi penyuluh masyarakat yang memberi pengetahuan dan pemahaman bahaya narkoba, sebagai inisiator yang merancang dan melaksanakan program pencegahan secara mandiri, menjadi motivator agar masyarakat aktif berpartisipasi dalam upaya pencegahan, serta menjadi fasilitator yang menjembatani BNN dengan para stakeholder.

Lalu, siapa saja yang bisa menjadi Relawan Anti Narkoba? Semua warga negara Indonesia berusia di atas 12 tahun yang sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba serta mampu mengikuti pelatihan untuk mendapat pin Relawan Anti Narkoba.

Kalau kamu memenuhi syarat itu, bisa mendaftar langsung ke BNN RI, BNN Provinsi, atau BNN Kabupaten/Kota. Partisipasi kamu sebagai Relawan Anti Narkoba bisa melindungi dan menyelamatkan generasi muda dari ancaman kejahatan narkoba.

Berani Lapor Penyalahgunaan Narkoba

Kamu juga bisa ikut melawan narkoba dengan cara berani dan tidak segan melapor jika ada penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan kamu. Terlebih, hak-hak masyarakat membantu pemberantasan narkoba diatur dan dilindungi Undang Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Sementara bagi keluarga yang memiliki anggota keluarga yang menyalahgunakan narkoba, bahkan pengguna narkoba itu sendiri, diminta juga secara sukarela melapor. Mereka dijamin tidak akan diproses pidana dan akan mendapatkan fasilitas rehabilitasi medis serta rehabilitasi sosial secara gratis.

Jangan takut untuk segera melapor ke hotline BNN Call Center 184, SMS atau WhatsApp 081-221-675-675 danportal boss.bnn.go.id. Ayo, ambil peran memberantas narkoba di lingkunganmu. Peran sekecil apa pun bisa membawa perubahan besar untuk menyelamatkan generasi muda dari ancaman bahaya narkoba. (adv/adv)