Kamis, 02 Des 2021 00:00 WIB

Jangan Takut Mulai Bisnis Saat Pandemi? Ini Kunci Suksesnya!

Advertorial - detikHealth
adv Foto: Shutterstock
Jakarta - Pandemi COVID-19 menjadi masa sulit bagi semua orang. Situasi ini dinilai telah banyak memukul para pelaku usaha. Sehingga membuat banyak orang ragu untuk memulai bisnis di masa pandemi.

Padahal, pandemi tak seharusnya jadi penghalang untuk berbisnis. Sebab, kesempatan yang baik malah acap datang saat situasi sulit terjadi. Yang terpenting, Anda jeli dalam melihat peluang serta menerapkan strategi yang tepat.

Mengutip uschamber, berikut kunci sukses jalani bisnis baru meski di tengah pandemi COVID-19.

Paham Kebutuhan Konsumen

Tidak bisa dipungkiri, adanya pandemi turut berdampak pada kebiasaan masyarakat. Untuk memulai bisnis, Anda perlu melihat pola perubahan kebiasaan kelompok yang menjadi target pasar. Namun hal ini terbilang cukup menantang. Sebab artinya Anda perlu 'peka' untuk memperhatikan apa yang sedang terjadi di Indonesia.

Kembangkan Strategi Digital Marketing

Banyak pakar beranggapan, kunci bisnis langgeng saat pandemi adalah digitalisasi. Sehingga penting bagi pengusaha baru untuk memiliki strategi digital marketing yang mumpuni. Dengan strategi yang kuat bisa mendorong perkembangan bisnis di masa pandemi. Sebab saat ini sebagian besar masyarakat sudah beralih ke online.

Terhubung ke Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan, terutama bagi pelaku usaha. Sebab media sosial (medsos) seperti Facebook dan Instagram bisa menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Selain itu, medsos juga bisa dijadikan alat promosi untuk mendongkrak penjualan. Sekaligus menggaet konsumen baru.

Buat Rencana Bisnis Jangka Panjang

Seorang pebisnis tentu harus memiliki business plan jangka panjang. Harapannya usaha yang dibangun bisa berjalan dengan lancar. Rencana bisnis atau business plan ini akan membantu Anda tetap fokus pada tujuan yang telah ditetapkan di awal.

Tidak hanya itu, hal ini akan membuat Anda mengerti tujuan dan cara operasional bisnis. Di samping itu juga mempermudah untuk mengetahui langkah-langkah praktis dalam menghadapi tantangan bisnis ke depan.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, tentu Anda sudah tak perlu takut merealisasikan rencana untuk memiliki usaha sendiri. Apalagi melihat situasi pandemi yang sudah mulai melandai dan kegiatan ekonomi yang berangsur pulih.

Namun sebagai pengusaha baru, Anda mungkin harus mengerjakan semuanya sendiri. Mulai dari merancang strategi, mendesain, hingga melakukan pemasaran. Untuk Anda perlu menjaga stamina dan kesehatan. Anda tentu nggak mau kan rencana jadi tertunda hanya gara-gara kondisi kesehatan yang tidak baik?

Untuk itu, penting bagi Anda memperhatikan asupan vitamin D harian yang dapat memperkuat sistem imunitas. Hal ini agar segala aktivitas dalam merintis bisnis berjalan lancar tanpa hambatan.

Lantaran proses membangun usaha tidak mudah, maka Anda perlu solusi yang cepat, tepat, dan praktis, seperti Sakatonik Activ D3-1000. Suplemen vitamin ini memiliki dosis yang pas untuk harian karena mengandung vitamin D3 (Cholecalciferol) 1000 IU atau setara dengan 25 mcg Vitamin D3. Selain itu juga cepat diserap oleh sistem pencernaan. Sakatonik Activ D3-1000 mudah untuk didapatkan karena tersedia di apotek dan minimarket terdekat. Atau bisa juga dibeli secara online melalui e-commerce.

advFoto: dok. Kalbe

Sakatonik Activ D3-1000 dikemas dalam tablet berukuran kecil yang tidak lengket, jadi mudah untuk ditelan. Saat ini Sakatonik Activ tengah mengadakan challenge berhadiah. Kegiatan 'Activkan Rencana #D3ngan1000IU' ini mengajak masyarakat untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin D sebelum mewujudkan rencana yang tertunda.

advFoto: dok. Kalbe

Dengan mengikuti challenge 'Activkan Rencana #D3ngan1000IU', Anda bisa berkesempatan untuk membawa pulang total hadiah 30 gram emas beserta paket Sakatonik Activ D3-1000. Caranya mudah, cukup membagikan cerita mengenai rencana yang sempat tertunda karena kondisi yang tidak memungkinkan. Tulis rencana yang masih tertunda tersebut dengan share postingan dari @saatonikactiv.id di Instagram Story. Jangan lupa mention @sakatonikactiv.id serta hashtag #D3ngan1000IU #ActivD3ngan1000IU.

Anda juga bisa tag 3 teman untuk mengajak mereka ikutan challenge-nya. Kalau sudah, jangan lupa tulis 'done' di kolom komentar pada postingan @sakatonikactiv.id.

Jadi tunggu apalagi, yuk, ikutan dan share pengalaman berharga Anda sebelum 14 Desember 2021! Siapa tahu, Anda jadi peserta beruntung yang memenangkan hadiah senilai jutaan rupiah! (adv/adv)