Rabu, 27 Apr 2022 00:00 WIB

Agar Lebih Sehat, Pastikan 3 Hal Ini Tersedia di Toilet Rumah Anda

Advertorial - detikHealth
adv harpic Foto: Shutterstock
Jakarta - Kebersihan toilet di rumah merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan demi menjaga kesehatan dan kenyamanan keluarga. Untuk dapat menjaga kebersihan toilet, Anda juga perlu mengetahui standar toilet yang bersih agar menjadikan lingkungan rumah lebih sehat.

Jika tidak dijaga kebersihannya, toilet dapat menjadi sarang kuman, virus, hingga bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit. Toilet yang tak bersih juga dapat menyebabkan infeksi yang mengganggu kesehatan.

Meski tak tampak kotoran atau bau tak sedap, bukan berarti toilet Anda sudah bersih dan higienis loh. Sebab, ada banyak kuman tak terlihat di toilet, seperti di balik noda bekas air dan kerak penumpukan kotoran dan mineral.

Tak hanya bermodal toilet bersih, kenali beberapa faktor yang menjadikan toilet lebih sehat untuk keluarga.

1. Aliran Air Bersih

Ketersediaan air bersih sangat penting untuk diperhatikan. Sebab air bersih akan digunakan untuk berbagai keperluan di kamar mandi, mulai dari mencuci wajah, menggosok gigi, menyiram kotoran, hingga membersihkan kamar mandi.

Pastikan juga sistem drainase lancar atau tidak tersumbat agar air tidak merembes ke lantai kamar mandi.

2. Ada Ventilasi Udara

Sirkulasi udara juga perlu diperhatikan untuk menjaga kebersihan kamar mandi. Sebab, kamar mandi yang tak memiliki pertukaran udara yang baik dapat menjadi lembap dan memicu tumbuhnya jamur.

Untuk itu, Anda bisa memasang jendela pada dinding di atas toilet sebagai pertukaran udara.Selain itu, Anda juga bisa memasang exhaust fan sebagai alternatif jika tak memungkinkan pemasangan jendela di dalam ruangan kamar mandi.

3. Lubang Toilet dalam Posisi Tertutup

Meski tampak sepele, hal ini harus menjadi perhatian untuk membuat toilet atau kamar mandi senantiasa bersih dan higienis. Sebab, sisa kotoran di toilet bisa menjadi sumber bakteri yang menyebar dengan cepat.

Untuk itu, jangan biarkan toilet kotor terlalu lama dan usahakan toilet tetap tertutup jika tidak digunakan demi mencegah bakteri dan sisa kotoran bercampur dengan udara dan cipratan air.

Pentingnya Membersihkan Toilet

Selain beberapa hal di atas, Anda tentunya perlu memahami pentingnya membersihkan toilet sesering mungkin. Toilet bisa dibersihkan setiap hari, atau di waktu tertentu secara teratur minimal sekali seminggu demi menjaganya tetap bersih dan higienis sehingga tak menimbulkan penyakit bagi keluarga di rumah.

Untuk membersihkan toilet secara maksimal, Anda bisa gunakan pembersih toilet khusus seperti Harpic Power Plus. Pembersih toilet Harpic memiliki formula kental yang dapat menempel pada permukaan toilet lebih lama. Sehingga lebih efektif membunuh kuman dan bakteri di toilet.

Harpic juga mengandung asam yang ampuh menghilangkan semua noda dan kerak agar toilet jadi bersih berkilau seperti baru. Adapun produk yang bisa Anda gunakan ialah Harpic Power Plus 10x Max Clean dengan 3 manfaat dalam 1 kemasan, yaitu menghilangkan noda membandel 10x lebih baik, harum segar tahan lama, serta mampu membunuh kuman dan bakteri.

Meski sering digunakan, pastikan selalu Harpic Pembersih Toilet dalam keadaan tertutup dan jauhkan dari jangkauan anak-anak untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Gunakan Harpic Power Plus 10x Max Clean dan rasakan manfaatnya. Toilet langsung bersih, harum, dan pastinya dapat melindungi keluarga dari berbagai kuman dan bakteri. (adv/adv)