Hati-hati! Simak Kata Pakar soal Bahaya Micin Bisa Picu Hipertensi

Hati-hati! Simak Kata Pakar soal Bahaya Micin Bisa Picu Hipertensi

Advertorial - detikHealth
Jumat, 13 Mei 2022 00:00 WIB
adv nutrifood
Foto: Shutterstock
Jakarta - Generasi muda masa kini dimanjakan dengan berbagai macam camilan yang bisa dengan mudah dipesan online. Termasuk juga jajanan mengandung micin dan penuh asupan garam berlebih yang kadang bikin nagih.

Sayangnya, di balik candu micin ini justru terdapat bahaya yang mengintai. Sebab, asupan garam berlebih bisa meningkatkan risiko hipertensi. Biasanya, micin ditemukan pada camilan bercita rasa asin dan gurih. Rasa asin umumnya berasal dari penambahan garam, baik dalam bentuk garam langsung maupun dari saus dan kecap yang tinggi garam saat memasak dan makan.

Tingkat asupan garam harian sudah terbukti dapat memengaruhi kondisi tekanan darah. Selain itu, tingkat kesukaan terhadap rasa asin juga dapat berkaitan dengan tekanan darah. Adapun kaitan antara tingkat kesukaan terhadap rasa asin dan tekanan darah teramati pada sebuah penelitian di Korea.

Penelitian yang dipublikasikan pada Korean Journal of Human Ecology ini menunjukkan orang-orang yang lebih menyukai rasa asin ternyata cenderung memiliki tekanan darah yang lebih tinggi. Kaitan antara kesukaan terhadap rasa asin dan lebih tingginya tekanan darah ini juga tidak lepas dari lebih tingginya asupan garam pada mereka yang menyukai rasa asin.

Oleh karena itu, asupan garam yang lebih tinggi ini sudah terbukti berkaitan dengan peningkatan tekanan darah. Tak hanya pada penelitian Korea, penelitian lain di jurnal Arquivos Brasileiros de Cardiologia juga menunjukkan adanya kaitan antara kondisi tekanan darah dan kesukaan rasa asin.

Hasil penelitian yang dilakukan di Brasil ini menunjukkan bagaimana tingkat preferensi atau kesukaan terhadap rasa asin ternyata lebih tinggi pada penderita hipertensi (penyakit tekanan darah tinggi). Apabila dibandingkan dengan mereka yang memiliki tekanan darah normal, penderita hipertensi teramati memiliki tingkat kesukaan yang lebih tinggi terhadap sampel makanan yang lebih asin.

Alasan Hipertensi Perlu Diwaspadai

Penyakit hipertensi ditandai dengan tekanan darah yang tinggi melebihi batas normal. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2018, diperkirakan sekitar 63.3 juta orang di Indonesia terkena hipertensi.

Tekanan darah yang tinggi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang berkaitan dengan berbagai macam komplikasi kesehatan, seperti peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, gagal jantung, serangan jantung, hingga gangguan penglihatan. Selain itu, hipertensi juga dapat merusak pembuluh darah di sekitar ginjal yang dapat berkaitan dengan gangguan fungsi ginjal.

Banyaknya penyakit yang bisa muncul karena tekanan darah tinggi inilah yang menjadi alasan perlunya mewaspadai hipertensi. Terlebih jika Anda merupakan generasi yang suka ngemil camilan bercita rasa gurih dengan garam berlebih.

Cara untuk Mencegah Hipertensi

Meski bahaya hipertensi memang mengintai, bukan berarti hal ini tak bisa dihindari. Anda dapat mencegah hipertensi salah satunya dengan menjaga tekanan darah. Caranya, memperhatikan konsumsi garam harian, serta mengimbangi pola makan sehat yang kaya nutrisi dan bervariasi.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pun menyarankan pembatasan asupan garam maksimal 5 gram garam per hari (1 sendok teh garam per hari). Dengan membatasi asupan garam ini, Anda dapat bisa lebih menjaga tekanan darah dan menekan risiko hipertensi.

Walau harus menjaga asupan garam harian, bukan berarti Anda harus selalu mengkonsumsi makanan yang hambar. Apalagi, kini sudah banyak inovasi produk sehat yang bisa Anda nikmati setiap saat. Misalnya, produk saus dan kecap yang rendah garam dari Tropicana Slim.

Anda dapat melezatkan hidangan favorit dengan Tropicana Slim Kecap Asin dan Saus Tiram yang memiliki cita rasa enak dan gurih namun lebih rendah garam. Untuk Anda yang suka pedas juga bisa menikmati Tropicana Slim Sambal Terasi yang diracik dengan cabai segar berkualitas. Meski rendah garam dan bebas gula, sambal dengan terasi pilihan ini tetap memberi rasa yang gurih dan nikmat.

Sementara itu, bagi Anda yang menyukai makanan praktis tapi ingin yang lebih sehat, Anda bisa mencoba Tropicana Slim Shirataki Noodles. Mie ini terbuat dari umbi shirataki dengan rasa enak, rendah lemak dan lebih rendah garam.

Ingin tahu cara mencegah hipertensi hingga serba-serbi hipertensi lainnya? Yuk, ikut saksikan Live Streaming Beat Hypertension dalam rangka Hari Hipertensi Sedunia yang diselenggarakan pada 17 Mei 2022 mendatang. Melalui kegiatan yang disiarkan lewat Zoom dan detikcom, Anda bisa mengenal berbagai informasi hingga bahaya soal hipertensi dari Spesialis Penyakit Dalam, Konsultasi Ginjal & Hipertensi, sekaligus Advisory Board Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia Prof. dr. Rully M.A. Roesli, Sp-PD-KGH, PhD.

adv nutrifoodFoto: dok. Tropicana Slim

Adapun kegiatan ini akan diselenggarakan pada Selasa, 17 Mei 2022 pukul 14.0 WIB mendatang. Untuk mengikuti kegiatan ini, Anda hanya perlu mendaftarkan diri melalui bit.ly/harihipertensi. Jadi, catat tanggalnya, saksikan siarannya di detikcom, dan kenali lebih dalam soal hipertensi langsung dari pakarnya di acara ini! (adv/adv)