Selasa, 24 Mei 2022 00:00 WIB

3 Manfaat Vitamin D, Salah Satunya Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Advertorial - detikHealth
adv kalbe Foto: Shutterstock
Jakarta - Saat masa pandemi, vitamin D3 menjadi salah satu vitamin yang paling diburu, karena khasiatnya yang dinilai mampu meningkatkan imunitas tubuh. Ada beberapa fungsi dari vitamin D3, yang paling penting yaitu mengatur penyerapan kalsium dan fosfor serta memfasilitasi fungsi sistem kekebalan tubuh.

Tapi tahukah kalau manfaat Vitamin D3 tak hanya itu saja, Vitamin D3 juga punya peran penting untuk melawan penyakit berat. Sebagai contohnya, vitamin D3 mengurangi risiko penyakit jantung dan masih banyak lagi. Berikut di antaranya.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Dalam sebuah jurnal yang dibuat oleh F Sapanaro dan koleganya di tahun 2016, vitamin D disebut mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung (kardiovaskular).

Sebuah penelitian mendukung hal ini dengan temuan kadar vitamin D yang rendah pada seseorang telah dikaitkan dengan peningkatan risiko seperti hipertensi, gagal jantung dan stroke.

Namun vitamin D3 yang mengandung lanolin disebut tidak mengandung kadar trigliserida yang merupakan salah satu faktor pemicu penyumbatan pada aliran darah yang dapat berakhir pada penyakit jantung.

2. Baik untuk Ibu Hamil

Seorang neonatologist dan rekan peneliti studi Carol L. Wagner, MD, dari Medical University of South Carolina mengatakan wanita yang mengonsumsi vitamin D3 dosis anjuran dokter selama kehamilan memiliki risiko komplikasi yang sangat minimal, termasuk diabetes gestasional, kelahiran prematur, dan infeksi.

3. Mengurangi Risiko Depresi-Obesitas

Studi yang dilakukan sejumlah mahasiswa di China mengidentifikasi kadar vitamin D3 yang rendah sebagai faktor risiko untuk gejala penyakit yang ditandai oleh rasa nyeri di sekujur tubuh, disertai rasa lelah dan gangguan tidur atau fibromyalgia yang lebih parah, kecemasan, dan depresi.

Sementara itu bagi yang ingin menurunkan berat badan, dalam sebuah penelitian yang dirilis Cambridge University, orang dengan obesitas yang menerima suplemen vitamin D3 tambahan selain mengikuti rencana diet penurunan berat badan, kehilangan lebih banyak berat badan dan massa lemak daripada orang yang hanya mengikuti rencana diet tanpa konsumsi suplemen vitamin D3.

Sinar matahari dan makanan bernutrisi memang dapat meningkatkan kadar vitamin D3, namun tidak semua orang bisa melakukannya karena sibuk bekerja atau picky eater, sehingga dibutuhkan suplemen tambahan.

adv kalbeFoto: Dok. Kalbe

Salah satu suplemen yang bisa menjadi pilihan adalah Vit D3-1000IU dari H2 Health and Happiness berasal dari bahan alam, Lanolin. Suplemen ini telah mendapatkan izin FDA (Food & Drug Administration) dan FSA (Foods Standard Agency) sebagai Vitamin D3 yang aman dikonsumsi.

Vit D3-1000IU dari H2 Health and Happiness ini telah bersertifikasi Non-GMO atau tidak mengandung bahan-bahan yang berasal dari organisme rekayasa genetika, terbebas dari bahan-bahan berbahaya/racun, antibiotik, maupun hormon) dan Gluten Free. Produk ini bisa didapatkan di e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee atau di apotek terdekat.

Sebagai informasi, H2 Health and Happiness merupakan sebuah brand suplemen dari Kalbe yang kandungannya berasal dari bahan alami terbaik dan diproses dengan teknologi advanced. (adv/adv)