Senin, 13 Jun 2022 09:00 WIB

Tips Siapkan Masa Tua yang Berkualitas Mulai dari Sekarang!

Advertorial - detikHealth
advensure25
Jakarta - Saat ini jumlah penduduk lanjut usia (lansia) di Indonesia sekitar 27.1 juta orang, atau hampir 10% dari total penduduk. Bahkan, pada tahun 2025 jumlah lansia diproyeksikan meningkat menjadi 33.7 juta (11,8%).

Peningkatan jumlah lansia dengan berbagai masalah kesehatannya menjadi tantangan bagi kita untuk mempersiapkan lansia yang sehat dan mandiri, guna meminimalisir beban bagi masyarakat maupun negara. Hal ini karena seiring bertambahnya usia, terjadi perubahan alami yang dapat terjadi pada sistem pencernaan, saluran kemih dan otak. Tulang bisa menjadi lebih rapuh, dan bisa mengalami kehilangan otot terkait usia. Perubahan ini memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan secara keseluruhan.

Seperti diketahui, massa otot dapat mempengaruhi mulai dari mobilitas, energi untuk beraktivitas, fungsi organ dan sistem kekebatan tubuh. Massa otot yang rendah berkaitan juga dengan lebih banyak komplikasi bedah dan pascaoperasi, masa rawat inap yang lebih lama, fungsi fisik yang lebih rendah, kualitas hidup yang buruk hingga kelangsungan hidup yang lebih rendah secara keseluruhan.

Meskipun penuaan itu alami, kabar baiknya adalah kehilangan otot tidak harus dihindari. Aktivitas fisik dan nutrisi yang baik dapat membantu mencegah hilangnya otot. Nah, memahami tantangan kesehatan pada lansia ini, ENSURE bersama detikcom mengadakan webinar dengan tema 'Jaga Kekuatan untuk Siapkan Masa Tua yang Berkualitas Mulai dari Sekarang!'. Acara ini digelar dalam rangka perayaan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati tanggal 29 Mei setiap tahunnya.

Lewat gelaran webinar live streaming ini, ENSURE ingin mengajak masyarakat untuk lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan mulai dari sekarang melalui pola hidup sehat: olahraga serta pemenuhan nutrisi harian yang tepat untuk mempersiapkan massa tua yang berkualitas. Acara ini akan menghadirkan ahli, yaitu Dr. Czeresna Heriawan Soejono yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam konsultan geriatri, serta dr. Ida Gunawan, MS, SpGK(K), dokter spesialis gizi klinik konsultan.

Mereka akan membahas perihal dalam gangguan kesehatan yang kerap dialami oleh orang dewasa. Serta nutrisi penting apa saja yang dibutuhkan agar tetap sehat dan bugar, sebagai persiapan untuk mendapatkan masa tua yang berkualitas. Webinar 'Jaga Kekuatan untuk siapkan masa tua yang berkualitas" ini bisa Anda saksikan pada Sabtu, 25 Juni 2022 pukul 10.00 WIB, melalui live streaming di detikcom.

Tidak hanya mendapatkan ilmu bermanfaat, Anda juga punya kesempatan membawa pulang hadiah menarik. Akan ada saldo e-wallet senilai Rp 300.000 bagi 5 peserta dengan pertanyaan terbaik dan 1,000 pendaftar pertama mendapatkan voucher potongan harga untuk pembelian ENSURE (nutrisi lengkap seimbang) di mini market kesayangan anda. Jadi, yuk catat tanggalnya, ikut acaranya dan menangkan hadiahnya! (adv/adv)