Pentingnya Pantau Detak Jantung biar Nggak Kolaps saat Gowes

Pentingnya Pantau Detak Jantung biar Nggak Kolaps saat Gowes

Advertorial - detikHealth
Selasa, 27 Sep 2022 12:00 WIB
adv yayasan
Jakarta - Belakangan, olahraga bersepeda menjadi tren masyarakat kota. Hal ini karena bersepeda menjadi olahraga yang mudah dilakukan oleh segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Tak hanya sebagai hobi, rutin bersepeda juga membuat tubuh lebih sehat baik secara fisik maupun mental. Mengutip Better Health, rajin mengayuh sepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi atau kecemasan. Hal ini karena hormon endorfin yang dilepaskan oleh tubuh dapat membantu Anda merasa lebih baik sekaligus menurunkan tingkat stres.

Di samping itu, bersepeda juga menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko masalah kesehatan. Seperti penyakit kardiovaskular termasuk stroke, tekanan darah tinggi dan serangan jantung dapat dicegah dengan bersepeda rutin.

Sebab bersepeda merupakan aktivitas aerobik. Artinya, selama gowes, jantung, pembuluh darah, dan paru-paru pun ikut berolahraga. Namun, aktivitas jantung sangat bergantung pada intensitas kecepatan maupun rute yang dilalui saat bersepeda. Karena itu penting untuk selalu memperhatikan detak jantung saat bersepeda, dan mengetahui batas maksimum detak jantung atau heart rate sesuai usia.

Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah mengetahui kapan harus berhenti atau beristirahat sejenak. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr. Vito Damay mengatakan jantung akan berdetak lebih cepat jika intensitas yang dilakukan tinggi. Dalam hal ini, semakin cepat gowesan maka semakin tinggi pula detak jantung yang dihasilkan. Apabila irama jantung terlampau cepat tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Yang terparah kondisi tersebut dapat berakibat fatal, dan memicu risiko jantung kolaps atau serangan jantung mendadak.

Lebih lanjut, dr. Vito akan membahas pentingnya memonitor detak jantung ketika berolahraga kardio, seperti sepeda dalam webinar 'Pahami Detak Jantungmu Saat Bersepeda'. Acara ini merupakan persembahan detikcom bersama Yayasan Jantung Indonesia (YJI) untuk menyosialisasikan kepada masyarakat bagaimana bersepeda yang nyaman dan aman bagi kesehatan, utamanya kesehatan jantung.

Selain dr Vito, akan hadir sejumlah narasumber lainnya. Ada Raja Sapta Oktohari selaku President NOC Indonesia serta Ketua Penyelenggara Indonesia Heart Bike 2022 Mela Sabina. Tidak hanya itu saja, acara ini turut mengundang Tabitha Sumendap, pesepeda sekaligus founder Women's Cycling Community.

Tabitha akan membagikan pengalaman ketika kolega pesepedanya terkena serangan jantung, dan apa yang dilakukannya agar pengalaman serupa tidak terjadi pada dirinya atau orang-orang terdekatnya. Dia pun akan berbagi tips menjalani olahraga sepeda yang fun, tapi tetap sehat, bugar, dan pastinya aman.

Buat tahu tips dan kiat bersepeda lainnya, langsung deh catat tanggal webinar detikcom x YJI pada Rabu, 29 September 2022 pukul 15.00-16.30 WIB. Nggak cuma dapat informasi bermanfaat saja, lho, Anda yang menonton juga berpartisipasi dalam sesi QnA. Karena ada hadiah merchandise dari YJI yang bisa dibawa pulang oleh penanya beruntung.

Sebagai informasi, acara ini didukung oleh hemaviton Cardio. hemaviton Cardio, Bantu Kurangi Kolesterol. Webinar 'Pahami Detak Jantungmu Saat Bersepeda' bisa disaksikan langsung melalui link detik.com/webinar.WHD2 tanpa registrasi. (adv/adv)