Kamis, 15 Mei 2014 00:00 WIB

Waspada Ancaman Polusi Udara Dalam Ruangan

- detikHealth
(dok: Thinkstock)
Jakarta -

Selama ini kita sudah cukup paham mengenai bahaya polusi udara di luar ruangan terhadap kesehatan. Maka kita menjadi lebih waspada dan menggunakan pelindung saat beraktivitas di luar ruangan. Namun tahukah Anda bahwa berada di dalam ruangan tidak berarti aman dari ancaman polusi udara?

Di dalam rumah maupun gedung kantor, ternyata banyak barang yang diam-diam mengancam kesehatan Anda. Polutan udara dalam ruangan dapat disebabkan oleh debu, cat, AC, asap rokok dan pelitur furnitur. Polutan udara ini dapat memicu alergi, gangguan pernapasan, sakit kepala dan iritasi kulit.

Untuk mencegahnya, sering-sering lah membersihkan karpet dan gorden dengan vacuum cleaner. Keduanya merupakan media yang paling mudah dihinggapi bakteri, virus dan debu. Demikian juga sudut-sudut ruangan, ventilasi dan seluruh permukaan furnitur. Buka jendela dan pintu setiap pagi supaya sirkulasi udara di dalam rumah lancar.

Bersihkan filter AC seminggu sekali agar dapat bekerja maksimal ‘menjerat’ polutan udara yang ada dalam ruangan. Cek kompor gas atau mesin pemanas air secara reguler untuk memastikannya bekerja dengan baik. Karbonmonoksida yang dihasilkan keduanya bisa berbahaya. Terakhir, sebisa mungkin hindari berada dalam satu ruangan tertutup bersama perokok.

Polutan udara dalam ruangan seperti asap rokok dan debu dapat membuat kulit wajah kusam. Apalagi ditambah dengan polutan udara luar ruangan seperti asap knalpot kendaraan bermotor dan sengatan sinar matahari. Polutan yang menumpuk di kulit wajah ini harus dibersihkan secara menyeluruh.

Ada sebuah bahan yang sudah dikenal mampu mengangkat kotoran sehingga banyak digunakan sebagai bahan masker serta facial. Bahan ini disebut karbon aktif. Inilah salah satu elemen dengan daya serap kotoran/racun terbaik yang pernah diketahui manusia.

Bahkan dokter zaman Mesir Kuno dan Yunani seperti Hipokrates sudah merekomendasikan penggunaan karbon aktif untuk tujuan medis. Karbon aktif dapat mengikat logam berat, racun, gas dan substansi kimia lain hingga ribuan kali melebihi beratnya sendiri. Kehebatan karbon aktif pun dapat Anda rasakan setiap hari.

Bersihkan wajah menggunakan facial foam yang mengandung karbon aktif. Polutan dan minyak terangkat dengan mudah, kulit wajah jadi terlihat lebih jernih. Karbon aktif bekerja dengan membuka pori-pori yang tersumbat, menghilangkan racun dan mengangkat sel kulit mati.

Tangkis ancaman polusi udara dari dalam maupun luar ruangan yang membuat kulit Anda kusam. Dapatkan kulit wajah yang lebih sehat, lembut dan bersinar dengan manfaat karbon aktif!

(adv/adv)