Jumat, 04 Jul 2014 00:00 WIB

Susu Tinggi Kalsium, Kunci Untuk Tetap Aktif Bergerak Selama Puasa

- detikHealth
Jakarta -

Selama bulan puasa, aktivitas harian tetap berlangsung seperti biasa. Bergulat dengan kemacetan jalanan setiap pagi dan sore saat berangkat maupun pulang kerja. Bergerak dari meeting point satu ke meeting point lainnya, presentasi bahkan tetap berolahraga secara rutin, setelah berbuka. Seluruh kegiatan yang menguras energi fisik maupun pikiran.

Bagi Anda yang harus banyak bergerak, asupan nutrisi yang menunjang selama bulan puasa sangatlah penting. Bantu lengkapi pola makan sehat seimbang anda dengan Anlene yang berbahan dasar susu memberikan makronutrisi lengkap, karbohidrat, protein dan lemak, juga berbagai mikronutrisi, khususnya mineral kalsium untuk menjaga kepadatan tulang.

Kandungan kalsium dan berbagai nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang ada di dalam ANLENE membantu Anda lebih bugar sepanjang bulan Ramadan. Karbohidrat di dalam susu dapat menunjang kebutuhan energi tubuh selama berpuasa kegiatan fisik maupun kemampuan berpikir. Kandungan protein banyak perannya; membantu daya tahan tubuh, mengganti sel tubuh yang rusak, membentuk matrix tulang dan protein whey dalam susu diketahui dapat membantu menahan rasa lapar.

Selain makronutrisi diatas, mineral kalsium penting untuk dipenuhi kebutuhannya setiap hari karena; tulang adalah jaringan hidup yang setiap hari terus membongkar dan memperbaiki dirinya (proses remodeling tulang). Tulang akan membongkar bagian yang rusak atau usang termasuk karena pemakaian aktifitas normal sehari-hari untuk kemudian dibangun kembali. Proses perbaikan ini membutuhkan berbagai nutrisi khususnya kalsium.

Kalsium juga dibutuhkan untuk berbagai fungsi tubuh lainnya seperti menjaga fungsi pembekuan darah, syaraf dan otot, termasuk otot jantung. Selama bulan puasa, pastikan kebutuhan kalsium harian selalu tercukupi. Mulai dari apa yang kita konsumsi saat sahur dan berbuka.

Setiap hari, manusia butuh asupan kalsium minimal 600 mg dengan rekomendasi asupan harian menurut US DRI adalah 1000mg/hari untuk usia 19-50th dan 1200mg/hari untuk usia 51th keatas. Jika kurang, otomatis tubuh akan mengambil cadangan kalsium yang disimpan di tulang. Akibatnya kepadatan tulang berkurang dan resiko osteoporosis meningkat.

Jangan makan sekedar kenyang tapi perhatikan kandungan gizinya. Lengkapi menu sahur dan berbuka Anda dengan susu. Inilah sumber utama kalsium yang paling mudah didapatkan dan dikonsumsi. Minum ANLENE Actifit (kandungan kalsium 500 mg) atau ANLENE Gold (kandungan kalsium 600 mg) dua gelas setiap hari. ANLENE dapat dikonsumsi setelah makan sahur dan sebelum tidur. Anda pun terbantu lancar beraktivitas selama bulan Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

(adv/adv)