Jumat, 24 Mei 2019 00:00 WIB

Demam Berdarah Dengue: Kenali dan Ini Pertolongan Pertamanya

Advertorial - detikHealth
Jakarta -

Demam berdarah dengue adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Spesies nyamuk ini adalah yang paling cepat berkembang di dunia dan hampir menginfeksi 390 juta orang setiap tahunnya di dunia. Kedua, nyamuk DBD atau penyebar virus demam berdarah ini berkembang biak di genangan air yang jernih di sekitar pemukiman padat penduduk. Nyamuk ini biasanya menghisap darah di waktu pagi dan sore hari.

Gejala Demam Berdarah

Gejala umumnya timbul 4 hingga 7 hari sejak gigitan nyamuk dan dapat berlangsung selama 10 hari.

1. Demam tinggi mencapai 40 derajat celcius

2. Nyeri kepala berat

3. Nyeri pada sendi, otot, dan tulang

4. Nyeri pada bagian belakang mata

5. Nafsu makan menurun

6. Mual dan muntah

7. Pembengkakan kelenjar getah bening

8. Ruam kemerahan yang timbul sekitar 2-5 hari setelah demam

9. Kerusakan pada pembuluh darah dan getah bening

10. Perdarahan dari hidung, gusi, atau di bawah kulit

Pertolongan Pertama dan Pengobatan Bila Terserang DBD

Di fase awal penyakit DBD ini menyerang, banyak literatur menyebutkan bahwa demam ini memang bisa sembuh dengan teknik perawatan di rumah. Ini adalah masa ketika masih belum memasuki tahapan stadium pertama atau berubah dari demam dengue menjadi dengue dan DSS. Di fase awal atau ringan bisa melakukan perawatan sendiri, seperti

1. Istirahat yang cukup

2. Konsumsi parasetamol dan acetaminophen sesuai dosisnya untuk meredakan demam dan nyeri

3. Hindari aktivitas yang berat hingga kondisi benar-benar pulih

4. Konsumsi banyak air mineral untuk mencegah dehidrasi, karena suhu tubuh tinggi dan muntah

5. Umumnya dokter melarang konsumsi obatan-obatan seperti ibuprofen, naproxen sodium, juga aspirin karena bisa memicu pendarahan di dalam.

6. Konsumsi suplemen yang dapat membantu mengurangi risiko DBD menuju stadium lebih lanjut seperti suplemen mengandung elektrolit, ekstrak daun atau buah jambu biji, dan angkak.

Menurut Ari Widya Nugraha dari product management, bahwa PT Kalbe Farma, Tbk memiliki suplemen dengan kandungan lengkap berupa esktrak daun jambu biji, angkak, elektrolit, dan mineral yang bernama Trolit. Trolit ini dapat diberikan pada pasien DBD, baik pada fase awal gejala DBD, saat terapi DBD, atau setelah menjalani terapi. Untuk info produk kunjungi website berikut.

(adv/adv)