Kamis, 25 Okt 2012 13:26 WIB

Urutan Lahir Pengaruhi Sifat Anak, Si Sulung Berbakat Jadi Presiden

- detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Kepribadian anak ditentukan oleh banyak hal, mulai dari pengaruh lingkungan hingga pola asuh orang tua. Percaya atau tidak, urutan lahir juga mempengaruhi sifat-sifat anak baik semasa kecil maupun setelah dewasa dan punya pekerjaan.

Keyakinan yang berkembang di masyarakat sudah banyak mengaitkan urutan lahir dengan kepribadian anak, misalnya anak bungsu diyakini pasti manja. Begitu juga anak pertama, bergaul dengan lingkungan seperti apapun biasanya pasti orangnya dewasa dan sederhana.

Beberapa penelitian yang pernah dilakukan ada yang sesuai dengan keyakinan tersebut, ada juga yang meleset. Misalnya survei online terhadap 5.708 karyawan di seluruh dunia menunjukkan anak tertua cenderung sukses jadi pimpinan dan memiliki penghasilan lebih besar.

Beberapa keyakinan terkait urutan lahir, baik yang sudah dikonfiramsi secara ilmiah maupun belum adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Today.com, Kamis (25/10/2012).

1. Anak pertama berbakat jadi presiden!
Fakta menunjukkan lebih dari setengah dari presiden Amerika Serikat adalah anak pertama. Para ahli kepribadian mengatakan hal ini berhubungan dengan kecenderungan anak tertua untuk secara alami menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

2. Anak tengah suka menyimpan rahasia
Pakar urutan kelahiran mengatakan, anak tengah cenderung mendapat perhatian lebih dibanding anak pertama maupun yang terakhir. Itu sebabnya, anak tengah cenderung lebih banyak menyimpan sesuatu untuk dirinya sendiri. Tidak selalu berarti buruk, kadang itu bertujuan untuk menghindari kecemburuan.

3. Anak bungsu susah atur keuangan
Selain kurang bertanggung jawab terhadap keuangannya sendiri, anak bungsu cenderung ingin menjadi pusat perhatian. Faktanya, beberapa orang terkenal yang pembawaannya lucu dan menyenangkan adalah anak bungsu dalam keluarganya. Contohnya komedian Jim Carrey.

4. Anak tunggal lebih cepat dewasa
Karena tumbuh tanpa pesaing, anak tunggal cenderung matang lebih cepat dibanding usia sebenarnya. Secara verbal maupun sosial, perilaku dan pergaulannya kelihatan lebih dewasa. Anak tunggal juga memiliki banyak kesamaan sifat dengan anak tertua, yakni perfeksionis, ambisius dan percaya diri yang tinggi.

5. Pola asuh orang tua dipengaruhi urutan lahirnya juga
Disengaja atau tidak, orang tua cenderung memberi perlakuan beda pada anak yang urutan lahinya sama dengannya. Selain itu, orang tua yang dulunya jadi anak pertama di keluarga juga lebih perfeksionis dalam menetapkan standar bagi anak-anaknya.

(up/vit)