Rabu, 28 Mei 2014 10:31 WIB

Tenang, Psikolog Bilang Anak Nakal dan Banyak Akal itu Normal

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock) ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Yogyakarta - Orang tua mana yang tidak pusing melihat anaknya tumbuh menjadi anak yang nakal dan susah diatur. Padahal menurut psikolog, itu pertanda anak tumbuh secara normal.

"Sebenarnya anak-anak itu melewati beberapa tahap perkembangan. Usia 1-3 tahun itu biasanya tahap di mana anak mulai lebih mandiri dan pada saat yang sama, anak ini menjadi pembangkang luar biasa. Justru kadang dari situlah bibit-bibit potensi anak muncul," terang psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si.

Kemudian masuk ke fase berikutnya, yaitu usia 3-6 tahun. Menurut Anna, bukan sekadar pembangkang saja tapi pada periode ini kemampuan kognitif anak sudah berkembang.

"Anak-anak di usia ini kadang sudah mulai manipulatif. Selain itu kemampuan problem solving (memecahkan masalah) mereka juga jauh lebih baik dari sebelumnya. Tapi orang tua (malah mengatakan) 'kok anak saya banyak akalnya ya untuk ngadalin saya?'," sambungnya.

Padahal kondisi semacam ini tak perlu ditanggapi secara berlebihan. Anna menegaskan bahwasanya ini normal sebagai bagian dari proses tumbuh kembang anak.

Lantas apa yang bisa dilakukan orang tua agar tumbuh kembang anak jadi optimal? Anna memberikan tiga solusi sederhana namun mengena terkait hal ini.

1. Memperhatikan kecukupan nutrisi anak

2. Mengajak anak banyak bergerak. Ini disadari Anna mengingat belakangan anak sudah lebih jarang menghabiskan waktunya dengan bermain atau beraktivitas di luar rumah.

"Padahal ini sangat dibutuhkan oleh anak demi pertumbuhan fisik dan motorik, termasuk hingga ke aspek sosial emosionalnya. Bahkan aktivitas ini juga penting untuk perkembangan kemampuan kognitifnya," tegasnya.

3. Memberikan simulasi-simulasi pada anak, dengan didasarkan pada attachment antara orang tua dengan si anak

"Attachment itu adalah hubungan yang mesra dengan anak kita. Artinya kasih sayang kepada anak kita itu harus diekspresikan terus-menerus sehingga anak ini merasa nyaman sekali berdekatan dengan orang tuanya dan nantinya anak-anak yang nyaman ini akan tumbuh menjadi individu yang matang dan potensinya akan berkembang lebih optimal," kata Anna dalam talkshow Vitalac dengan 5 Star Nutri 'Nutrisi Berkualitas Internasional untuk Anak Indonesia' di Hotel Phoenix dan ditulis Rabu (28/5/2014).

(iva/up)