Selasa, 24 Jun 2014 06:55 WIB

Tips Hadapi Gangguan Indra Perasa Pasca Kemoterapi

- detikHealth
Halaman 1 dari 12
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Pada pasien dengan umur yang cukup muda seperti anak-anak, kemoterapi dapat menyebabkan perubahan indera perasa dan dapat mengakibatkan hilangnya nafsu makan karena rasa makanan berubah menjadi hambar atau bahkan pada bahan makanan daging dapat berubah rasa menjadi seperti logam.

Kemoterapi atau pengobatan yang menggunakan bahan-bahan kimia seperti golongan cisplatin, siklofosfamid, doxorubisin, 5 fu, daktinomisin, metotreksat, dan vincristin digunakan untuk mengobati kanker. Penggunaan obat-obatan tersebut menimbulkan berbagai efek samping selain perubahan indera perasa yaitu gangguan mulut, perubahan perilaku, nyeri karena gangguan saraf, kerontokan rambut, penurunan atau peningkatan berat badan.

Efek samping seperti masalah mulut kering dan sariawan yang umum ditemukan pada pasien kemoterapi turut membuat nafsu makan semakin berkurang. Hal tersebut terjadi karena obat kemoterapi tidak hanya menghancurkan sel kanker tapi juga sel-sel tubuh yang sehat terutama dalam kasus ini pada lidah.

Ditemui pada acara seminar di Yayasan Anyo Indonesia (YAI), Jakarta, dr. Angky Tri Rini K.E, SpA (K), dari RS Omni Pulomas memberikan beberapa tips bagi para orangtua atau pasien kemoterapi lainnya yang menghadapi masalah tersebut, seperti ditulis Selasa (24/6/2014).


(ajg/up)