Selasa, 21 Okt 2014 18:41 WIB

Anak Kecanduan Gadget

Hai Orang Tua, Yuk Atur Pemakaian Gadget Anak Lewat Digital Parenting

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock) ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Di era teknologi canggih seperti sekarang ini, cukup sulit jika mengisolasi atau tidak memperbolehkan anak sama sekali bermain gadget. Alih-alih bermaksud mencegah dampak buruk, itu akan membuat anak merasa terkucilkan dari pergaulan. Sebenarnya, ada cara lain yang lebih praktis, efektif, dan baik untuk mengatur pemakaian gadget pada anak melalui digital parenting.

Digital parenting adalah pola pengasuhan orang tua disesuaikan dengan kebiasaan anak menggunakan gadget atau perangkat digital. Garis besar dalam digital parenting adalah memberikan batasan yang jelas kepada anak tentang hal-hal yang boleh maupun yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan gadget atau perangkat digital, demikian dikatakan psikiater dan praktisi pendidikan anak terkemuka di Korea, Yee-Jin Shin.

"Anak-anak yang baru pertama kali mengenal gadget akan sangat berisiko. Orang tua harus memberikan bimbingan dan pentunjuk kepada anak sambil memegangi tangannya erat-erat. Itulah yang dimaksud dengan digital parenting," jelas Yee-Jin Shin dalam bukunya 'Mendidik Anak di Era Digital' dan dikutip pada Selasa (21/10/2014).

Sebelum orang tua memutuskan membelikan anak perangkat digital berupa smartphone atau komputer, sebaiknya ajak anak bicara kemudian dibuat peraturan terlebih dahulu. Misalnya, peraturan untuk tidak menggunakannya di saat sedang kumpul keluarga, tidak mengganggu jam belajar, dan tidak menggunakannya sampai larut tengah malam. Setelah aturan disepakati baru Anda bisa memberikan perangkat digital itu kepada anak.

"Jika kita hidup di era digital seperti sekarang, tentu kita perlu menghadapinya daripada menghindarinya. Oleh karena itu, jika Anda telah membelikan perangkat tersebut kepada buah hati Anda, Anda harus segera menerapkan digital parenting begitu Anda memberikan perangkat tersebut kepada anak," papar Yee-Jin Shin.

Dalam digital parenting, hal utama adalah orang tua harus memahami kapan waktu yang tepat untuk memberikan gadget pada anak. Tidak hanya berupa peraturan-peraturan, digital parenting juga bisa diterapkan dengan cara pendekatan yang dilakukan orang tua untuk menjelaskan seputar pengalaman menggunakan gadget dengan anak.

"Bisa juga dengan memberi pengertian pada anak mengapa ditetapkan peraturan penggunaan gadget. Tujuannya tidak hanya agar anak menjadi patuh, tetapi anak juga paham dan bisa bekerjasama dengan orang tuanya," ucap Yee-Jin Shin.

(rdn/rdn)
News Feed