Selasa, 25 Nov 2014 09:56 WIB

Anak Stres karena Banyak Les

Kabar Anak 6 Tahun Dirawat di RSJ karena Diforsir Ikut Les Beredar di Medsos

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta -

Pengguna media sosial Tanah Air dihebohkan kabar anak umur enam tahun yang dirawat di rumah sakit jiwa (RSJ). Konon jiwa anak itu terganggu lantaran mengikuti banyak les. Kabar ini antara lain menyebar di Twitter, Path, dan Facebook.

Dalam kabar yang beredar, anak itu disebut dirawat di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit, Jakarta Timur. Namun saat detikHealth mengonformasi, humas RS itu mengaku belum mendapat informasi.

"Wah saya baru dengar. Belum dapat informasinya. Dari kemarin banyak sih yang tanya, tapi kami belum dapat infonya," ucap seorang petugas Humas RSKD Duren Sawit yang tidak menyebutkan namanya saat dihubungi pada Selasa (25/11/2014).

Menurut petugas tersebut, RSKD Duren Sawit pernah merawat pasien anak yang mengalami gangguan kejiwaan. Namun hal itu terjadi beberapa waktu lalu. "Sudah beberapa waktu lalu, memang ada anak-anak. Tapi umurnya 15 tahun," sambungnya.

Psikolog anak dan remaja, Ratih Zulhaqqi, mengaku telah mendengar kabar itu. Dia pun mengonfirmasi ke rekannya yang kebetulan bertugas di RSKD Duren Sawit. "Tapi teman saya mengaku baru tahu ada kabar seperti itu. Terlepas dari hoax atau tidak, beberapa anak yang cenderung dipaksa akademis, di-drill sama orang tuanya, bisa mengalami mental hectic. Akibatnya anak bisa stres, nggak happy," tutur Ratih.

Anak akan mengalami mental hectic karena merasa masa bermainnya terambil untuk belajar. Apalagi jika anak terlalu lama belajar di kelas, padahal masih kelas satu atau kelas dua SD.

"Banyak faktor sebenarnya yang membuat anak mengalami mental hectic. Usia yang nggak pas saat masuk sekolah bisa menjadi penyebab utama," ucap psikolog yang berpraktik di Klinik Kancil ini.

Berikut ini kabar yang menghebohkan pengguna media sosial itu:

Hr ini baru dpt cerita dr kawan guru.. bhw anak kawan kuliahnya yg udah S2 masuk rsj..padahal bru 6th~an…
kasiaaaann
Konon dialah..anak kecil pertama yg masuk rsj…oh noo…kasiiiaaan lagiii
Minggu2 terakhir ini sang anak suka nangis..klo ditanya apa..jwbnya..”7″ “24:6 =4…””how are you” Klo dr psikolog nya..krn anak ini terlalu d forsir.. les mtk d k**** yg ditarget tugasnya 1 buku hrs slese 10 mnit..trus les bhs inggris..trus sekolah..ngaji dll dll..jenuh kayanya..
Klo sama psikolog baru anaknya mau cerita..tp sama org lain..ya itu jwbnya angka..angka..klo ga bhs inggris..klo ga pljaran ngaji.. “apa ini…huruf…hijaiyyah..” jd dia niruin gaya gurunya..dan klo ketemu org pake baju guru dia lgsng tertekan
[14/11 3.46 PM] Tono : Update cerita.. ttg anak yg masuk rsj

Oia anak nya perempuan

Hr ini kawan guru jenguk ke sana..rsj duren sawit.. bw boneka

Ternyata dia kenal dengan kawan guru ini.. “bu fulanah yah?”
“ya” kt kawan guru
Ayo..ayo bu fulanah..brp 42:6? Kalo doa masuk kamar mandi?
Anak ini memperagakan gurunya ketika ngajar..
Trus ada juga senam bersama.. si anak senam dg gaya nya sendiri..sambil nyanyi “5×5 = 25 .. allohumma bariklana fima rozaqtana…”
“Bu fulanah..ayo buat kalimat..saya mau pergi k sekolah lalu pulangnya ke mall..bisa?”

Bundanya nangis terus slama kunjungn

Si anak cuma bilang..
“bunda jgn nangis..aku kan pinter..tp aku ga mau tidur sama bunda yaaa..aku maunya sama dokter ganteng/cantik aja..”

Disana di kamar vip.. memang ada dokter yg mengawani sehari2

Dan ternyata ada 5 anak kecil yg masuk rsj itu.. tp dia yg paling kecil..sisanya umur 12 th an.. krn broken home.. dia aja yg gila krn kepinteran..kesiaan

(vit/ajg)