Kamis, 26 Mar 2015 15:22 WIB

Pertolongan Pertama Anak Pingsan, Jangan Masukkan Apapun ke Mulutnya

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Siapa yang tidak panik ketika melihat si kecil mendadak pingsan. Jika Anda mengalaminya, tidak perlu panik berlebihan. Kendalikan diri Anda, karena panik berlebihan justru membuat Anda kurang maksimal dalam memberikan pertolongan. Salah satu yang perlu diingat, jangan masukkan apapun ke mulut anak yang pingsan.

"Pertama, jangan panik. Baringkan anak di tempat yang rata supaya aliran darah ke otak membaik, jangan masukkan sesuatu ke dalam mulutnya," pesan dr Meta Hanindita, SpA, dari RS Dr Soetomo Surabaya dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Kamis (26/3/2015).

Baca juga: Kenapa Tiba-tiba Pingsan?

Jika ada sesuatu yang dimasukkan ke mulut anak pingsan, misalnya saja air, dikhawatirkan akan membuat yang bersangkutan tersedak pada saat sadar. Air bisa diberikan saat anak sudah sadar. Ingat pula untuk menjauhkan benda keras atau benda tajam yang bisa melukai anak.

"Longgarkan ikat pinggang atau baju yang dipakai anak, berhati-hati kalau anak muntah segera miringkan kepala anak," imbuh dr Meta.

Mengembalikan kesadaan anak juga bisa dilakukan dengan memberikan bau-bauan yang menyengat seperti parfum atau minyak kayu putih.

Orang tua perlu juga mengetahui gejala prodomal anak pingsan yang meliputi pusing, mual, perubahan penglihatan (bisa kabur atau telihat gelap), pucat, dan berkeringat dingin. Beberapa orang juga mengalami gejala pingsan seperti pupil melebar dan denyut nadi lebih rendah dari 60 ketukan/menit. Kebingungan, tinitus (dering atau sensasi meledak di salah satu atau kedua telinga), menggigit lidah, dan kejang berkelanjutan adalah beberapa faktor yang juga bisa terjadi sebelum pingsan.

Baca juga: Pertolongan Pertama Jika Bayi Pingsan

(vit/up)