Sabtu, 18 Jul 2015 07:10 WIB

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Beri Anak 'Salam Tempel' di Hari Lebaran

Aditya Fajar - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Tradisi memberi uang lebaran atau angpau sudah rutin dilakukan. Dan bahkan setiap anak kerap meminta dengan menyebut uang THR. Disarankan kepada orangtua juga om dan tante, tidak asal memberi kepada anak-anak. Sertakan juga pelajaran dan semangat berbagi.

"Momentum lebaran juga saatnya mengajarkan untuk berempati serta kerelaan untuk berbagi. Jika ada uang yang dibagi, perlu dijelaskan cara pemanfaatannya secara baik, serta berbagi denga teman-temannya," terang Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam, Sabtu (18/7/2015).

Jadi, bukan soal uang yang utama. Anak-anak harus tahu bahwa semangat lebaran adalah semangat berbagi dan menjalin silaturahmi serta kekerabatan.

"Lebaran harus jadi momentum yang baik untuk merekatkan hubungan harmoni dengan seluruh anggota keluarga, serta keluarga besarnya. Ini bisa menjadi jawaban dan solusi atas berbagai permasalahan anak kontemporer, seperti kekerasan anak, penelantaran, kenakalan remaja yang seringkali pemicunya adalah tidak hadirnya lembaga keluarga dalam menjamin perlindungan terhadap anak-anaknya," urai Niam.

Baca juga: Bahaya! Jangan Nekat Ajak Anak Mudik Pakai Sepeda Motor

Lewat berbagi, orangtua juga mengajarkan anak-anak akan pentingnya merajut persaudaraan, etika relasi dengan yang lebih tua, menghormati yang lebh tua serta menyayangi yang lebh muda.

"Lebaran harus dimanfaatkan untuk memberi pengalaman spiritual bagi anak, yang menyenangkan dengan merekatkan tali silaturrahmi dengan handai taulan dan menjelaskan arti kekerabatan," tutup dia. (up/up)