Rabu, 28 Okt 2015 18:33 WIB

Anak Suka Coret-coret, Tanda Kreatif?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Thinkstock/bradleyhebdon
Jakarta - Anak suka coret-coret adalah hal yang wajar. Jika si kecil punya kesenangan coret-coret, bisa jadi dia bakal menjadi anak yang kreatif.

"Bisa saja menjadi tanda anak yang kreatif. Tapi pesan saya, jangan dihalangi jika anak punya hobi coret-coret, pastinya harus ada arahan juga," tutur pakar grafologi Debora Dewi usai media briefing 'Festival Bohong Indonesia' di Hong Kong Cafe, Menteng, Jakarta, Rabu (28/10/2015).

Menurut Debo, anak yang suka coret-coret bisa juga karena pada dasarnya ia memang tipe anak visual, dalam artian senang mempelajari hal-hal yang bersifat visual.

Baca juga: Si Kecil Ingin Corat-coret? Boleh, Tapi Ada Aturannya

Sehingga, dengan coret-coret kreativitasnya akan muncul. Berbeda pada anak tipe kinestetik dan auditori di mana kreativitas dia bisa terasah melalui permainan peran atau kemampuan bicara.

"Anak itu kan ibarat spons ya, dia akan menyerap segala yang ia dapatkan. Jadi ketika dia suka akan sesuatu misalnya coret-coret ya baiknya orang tua memfasilitasi," saran Debo.

Lantas, bisakah karakter anak dilihat dari tulisannya sejak kecil?

"Bisa saja tapi untuk menentukan itu kita harus lihat sepaket, kita lihat orang tuanya, doodle si anak, juga wawancara dengan anak," kata Debo.

Baca juga: Yuk Coba Cara Ini untuk Ajak Anak Belajar Sambil Bereksplorasi di Rumah

(rdn/up)