Rabu, 17 Feb 2016 17:00 WIB

Jangan Keliru, Haid Merupakan Tanda Akhir Pubertas Anak Perempuan

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Pada anak perempuan, menstruasi kerap dianggap sebagai tanda awal mereka memasuki masa pubertas. Padahal, tanda awal pubertas yang dialami anak perempuan adalah payudara yang membesar.

"Menstruasi merupakan tanda akhir pubertas. Jadi, pubertas berjalan terus sampai penutupan tulang mengalami penyempurnaan di usia 18 tahun. Tanda awal pubertas anak perempuan yaitu payudaranya mulai tumbuh," tegas dr Aditya Suryansyah SpA dari RSAB Harapan Kita.

Setelah mengalami pertumbuhan payudara, umumnya dua sampai tiga tahun kemudian anak perempuan akan mengalami haid. Bersamaan dengan payudara yang mulai tumbuh kemudian rambut kemaluan yang melebat, ovarium juga akan membesar. Hal itu disampaikan dr Adit dalam diskusi media 'Pubertas' di RSAB Harapan Kita, Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Menstruasi menandakan bahwa ovarium dan uterus bekerja hingga kemudian anak perempuan mengalami kematangan organ reproduksi. Namun, menurut dr Adit, bisa juga anak mengalami menstruasi lebih cepat atau lebih lama dari dua atau tiga tahun setelah mengalami pertumbuhan payudara. Hal tersebut bisa karena faktor genetik atau penyakit penyerta.

Umumnya, anak perempuan akan mengalami pertumbuhan payudara di usia 8-13 tahun. Nah, di awal-awal haid, pola dan volume darah haid yang belum teratur dikatakan dr Adit adalah hal yang normal terjadi setidaknya sampai dua tahun setelah anak haid pertama.

Baca juga: Studi: Anak Beranjak Remaja Jadi Masa-masa yang Paling Bikin Ibu Stres

Lantas, bagaimana tanda awal anak laki-laki pubertas? "Testisnya membesar, kemudian satu dua tahun kemudian jakunnya membesar dan dia mengalami mimpi basah. Maka dari itu, mimpi basah adalah tanda akhir pubertas anak laki-laki," kata dr Adit.

Tanda awal pubertas umum dialami anak laki-laki di rentang usia 13-14 tahun. Sama seperti anak perempuan, baru dua sampai tiga tahun kemudian mereka mengalami mimpi basah.

"Saat mengalami tanda akhir pubertas, anak laki-laki sudah mimpi basah yang artinya organ reproduksinya sudah matang dan spermanaya sudah terbentuk," terang dr Adit.

Baca juga: Terlahir Perempuan, Anak-anak Ini Tumbuh Penis di Usia 12 Tahun

(rdn/vit)