Jumat, 29 Apr 2016 13:28 WIB

Gangguan Pencernaan Bisa Hambat Perkembangan Anak

Martha Heriniazwi Dianthi - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Memiliki pencernaan yang sehat menjadi salah satu pendukung optimalisasi tumbuh kembang anak. Namun, saluran cerna anak rentan dan sensitif terhadap gangguan. Karena itu jangan sepelekan masalah pencernaan karena bisa menghambat perkembangan anak.

Hambatan pada perkembangan anak antara lain terkait berat dan tinggi badan, Body Mass Index (BMI), dan lingkar kepala anak. Selain itu, masalah pencernaan juga dapat mengganggu perkembangan emosi, perilaku dan kecerdasaan anak dalam jangka panjang.

Dr dr Ahmad Suryawan SpA(K) dari RSUD Soetomo Surabaya mengungkapkan hal tersebut bisa diakibatkan dari hubungan emosional antara anak dengan orang karena peningkatan stres akibat tidak bisa makan. Dampak ekonomi keluarga karena kebutuhan tinggi terhadap biaya obat kunjungan berulang kali serta kurangnya produktivitas orang tua pun berpengaruh.

Baca juga: Hai Bunda, Ini Gejala Anak Mengalami Konstipasi

"Karenanya, seorang anak yang mengalami pencernaan sensitif memerlukan penanganan yang tepat," jelas dokter yang akrab disapa dr Wawan saat ditemui dalam acara 'Early Life Nutrition: Dasar-Dasar dan Pedoman Praktis Mengatasi Pencernaan Sensitif pada Anak' di Hotel JW Marriot, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/4/2016).

Lalu bagaimana mencegah anak agar terhindar dari gangguan pencernaan? Cobalah untuk memberikan makanan berserat seperti pepaya atau brokoli sebagai nutrisi untuk bakteri baik dan mempertahankan konsistensi tinja.

Pemberian daging sapi, telur dan kacang hijau juga dapat memperbaiki sel usus yang mengalami gangguan. Konsumsi kerang, ikan laut dan susu pun baik untuk sumber energi bagi sel usus dan menjaga fungi saluran cerna.

Baca juga: Bisa Membuat Trauma, Masalah Sembelit pada Anak Jarang Diperhatikan

Perlu diketahui, kesehatan saluran cerna merupakan landasan kesehatan bagi setiap orang. Saluran cerna yang sehat akan mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak.

Dengan saluran cerna yang sehat, dapat melakukan fungsinya yang tidak hanya menyerap dan mencerna makanan, tetapi juga sebagai mekanisme pertahanan tubuh. Hal ini dikarenakan, saluran pencernaan merupakan pembatas antara 'dunia luar' dan 'dunia dalam' tubuh seseorang. (vit/vit)