ADVERTISEMENT

Senin, 09 Mei 2016 09:33 WIB

Ada Ruam di Tubuh Saat Anak Kena Campak, Sebaiknya Mandi atau Tidak?

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Saran untuk tidak memandikan anak saat muncul ruam di tubuhnya akibat penyakit tertentu misalnya campak ataupun penyakit kaki tangan dan mulut. Konon air mandi bisa membuat ruam makin menyebar. Benarkah demikian?

Sebenarnya ruam merah yang muncul saat anak terkena penyakit campak menunjukkan seberapa parah infeksi yang diderita si kecil. Semakin banyak ruam yang muncul di tubuh anak, umumnya menunjukkan penyakit campak yang diderita anak semakin parah.

Saat terkena campak, usahakan agar si kecil tetap dimandikan. Karena jika anak tidak mandi, maka keringat di tubuh akan menimbulkan rasa gatal dan membuat si kecil ingin menggaruknya. Kondisi ini bisa memicu timbulnya infeksi baru pada ruam-ruam yang sudah muncul di kulit.

Baca jugaAnak Terkena Tampek? Ini Penanganannya

"Pada dasarnya infeksi virus campak terdapat penurunan daya tahan tubuh. Mandi boleh saja dilakukan bila panas sudah turun, agar kulit terjaga kebersihannya," ujar dr Aditya Suryansyah dari RSAB Harapan Kita dalam konsultasi kesehatan anak detikHealth beberapa waktu lalu.

Pun dengan anak yang terkena penyakit kaki tangan dan mulut. Ketika di tubuh anak akan muncul rash yang mirip cacar air, jangan takut untuk memandikan anak.

"Sebaiknya mandi, dan ada baiknya air mandinya diberi antiseptik," ujar dr Marissa Pudjiadi, SpA, dalam perbincangan dengan detikHealth beberapa waktu lalu.

Baca jugaSaat Anak Kena Flu Singapura, Ini Saran dari Dokter

(vit/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT