Rabu, 18 Mei 2016 16:29 WIB

Ingat! Di Usia Satu Tahun ke Atas, Makanan si Kecil Tak Perlu Diblender

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Dengan alasan khawatir pada lambung anak, orang tua masih memberikan bubur dan makanan lunak pada si kecil. Padahal usianya sudah setahun ke atas.

dr Attila Dewanti, SpA beberapa waktu lalu menjelaskan di usia 0-6 bulan, makanan anak hanyalah air susu ibu (ASI). Lalu di usia 6-9 bulan, selain masih diberi ASI, anak juga perlu diberi makanan lumat.

Nah, ketika usianya 9-12 bulan, anak masih mendapat ASI plus makanan lunak. "Di 12 bulan ke atas diberi makanan padat," jelas dr Attila.

Tekstur pemberian MPASI memang sudah seharusnya dinaikkan secara bertahap. Ini disesuaikan dengan kemampuan sistem cerna bayi.

"Awalnya (pemberian MPASI di usia 6 bulan) konsistensinya memang halus atau saring. Kemudian mulai agak encer dan dikentalkan secara bertahap," jelas dr Attila.

Baca juga: Infografis: Tekstur dan Porsi MPASI

Hal senada disampaikan dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya. dr Meta menegaskan di usia 12 bulan ke atas, seharusnya makanan anak sudah bukan berupa bubur atau makanan yang diblender lagi, melainkan makanan keluarga yakni nasi, sayur dan lauk pauknya.

"Pemberian MPASI hendaknya mengikuti aturan makan yang benar. Untuk anak usia 1 tahun, seharusnya sudah makan makanan keluarga (table food), jadi sama seperti makanan keluarga lain," papar dr Meta.

Lalu apa akibatnya jika usia setahun ke atas masih diberi makanan bubur atau yang diblender? "Jika tidak mengikuti aturan makan, keterampilan dan kemampuan oromotor anak akan terganggu, dan tentu akan memengaruhi tumbuh kembangnya kelak," jelas dr Meta.

Baca juga: Untuk Bayi 7 Bulan Mana Porsi MPASI yang Ditambah, Bubur atau Buah?

(vit/ajg)