Kamis, 22 Sep 2016 20:03 WIB

Ini Lho Manfaat Menari dan Menyanyi Bagi Emosional Anak

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Setiap anak umumnya suka menari dan menyanyi. Nah, selain menyenangkan ternyata menari dan menyanyi memiliki banyak manfaat bagi emosional anak.

"Menari dan menyanyi bisa memberikan korelasi yang signifikan terhadap kematangan emosionalnya," tutur psikolog anak, Roslina Verauli, M.Psi dalam temu media Bebelac Bebehero 'Berbagi Cinta Lewat Hebatnya Menari' di Kembang Goela, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2016).

Vera menjelaskan ketika menari dan menyanyi, anak akan belajar mengendalikan dan mengekspresikan emosi. "Misal, anak sedih ditinggal orang tuanya maka dia akan menyanyi dengan keadaan murung. Tapi kalau anak senang ketika bersama dengan orang tuanya dia akan mengekspresikan dengan bernyanyi ceria," terangnya.

Baca juga: 7 Rahasia Membuat Anak Anda Tumbuh Bahagia

Vera juga menambahkan, pemberian pujian pada anak ketika bermain seperti menyanyi dan menari akan sangat penting. Karena bisa membuat anak merasa kompeten atau bisa melakukan apapun.

Ketika anak merasa percaya diri dengan kompetensi yang dimiliki maka emosi anak akan berkembang secara positif. Anak pun mampu berempati atau memahami emosi orang lain.

"Anak yang matang dalam emosional akan mampu menghadapi dunia. Selain itu, anak juga bisa kompeten secara sosial dengan membantu orang lain tanpa butuh imbal jasa. Juga paham norma sosial, mana yang betul dan mana yang salah," imbuh Vera.

Baca juga: Kepekaan Orang Tua Bisa Jadi 'Alat Tes' Bakat Anak

(vit/vit)