Senin, 31 Okt 2016 15:35 WIB

Dampak Kecanduan Gadget Pada Anak

Infografis: Perlu Tahu, Tipe-tipe Kecanduan Gadget yang Bisa Dialami Anak

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Dampak kecanduan gadget elektronik seperti smartphone, tablet atau komputer pada anak bisa sangat fatal dan beragam. Kecanduan gadget bisa membuat anak kehilangan kemampuan komunikasi, mengalami masalah perilaku dan mood bahkan berkurang kemampuan kognitifnya.

Kecanduan gadget yang dialami anak bisa bermulai dari bayi. Anak bisa kecanduan gadget jika ayah atau ibu memberikan stimulasi pada anak dengan memberikan tab untuk bermain games atau video.

Secara definisi, kecanduan gadget adalah penggunaan gadget elektronik dan internet yang tidak terkendali. Penggunaan gadget yang tidak terkendali ini harus disertai dengan gangguan perilaku, kognisi dan sosial untuk bisa dikategorikan sebagai kecanduan.

"Pre-okupasi itu ketika bangun tidur yang dicari gadget, kalau nggak main gadget gelisah. Sedangkan perubahan mood misalnya nggak main gadget dia marah, uring-uringan hingga tantrum," tutur dr Kristiana Siste, SpKJ, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RS Cipto Mangunkusumo.

dr Kristiana mengatakan kecanduan gadget yang dialami anak bisa muncul dengan beragam tipe. Apa saja? Simak infografis di bawah ini untuk penjelasan lengkapnya:

Infografis: Perlu Tahu, Tipe-tipe Kecanduan Gadget yang Bisa Dialami AnakFoto: Infografis: Andhika Akbarayansyah
(mrs/vit)