Sabtu, 12 Nov 2016 19:11 WIB

Ini Kata Dokter Gizi Terkait Susu untuk Mendongkrak Berat Badan Balita

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Getty Images
Jakarta - Saat sakit, balita bisa saja kehilangan nafsu makan. Belum lagi jika diikuti muntah. Akibatnya berat badannya pun berkurang. Untuk mendongkrak bobotnya, bisakah menggunakan susu?

"Susu adalah bahan pangan fungsional, jadi bisa saja (untuk membantu mendongkrak energi dan berat badan). Apalagi bagi yang habis sakit," ujar spesialis gizi klinis, dr Fiastuti Witjaksono, SpGK dari RS MRCCC (Siloam Semanggi) di sela-sela konferensi pers 150 Tahun Nestle di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (12/11/2016).

Alasannya, dalam susu terkandung aneka nutrisi penting seperti protein, kalsium dan mineral. Meski kandungan nutrisinya beraneka ragam, namun untuk balita, mereka harus tetap makan makanan yang lengkap, di mana ada karbohidrat, sayur dan buah.

"Memberi susu pada anak mungkin cara gampang (memberi makan) karena saat bayi mereka minum air susu ibu (ASI) yang bentuknya cair. Tapi makan makanan padat adalah bagian dari edukasi, jadi jangan hanya susu saja," sambung dr Fiastuti.

Baca juga: Kata Pakar, Ini Waktu Terbaik Minum Susu Agar Manfaatnya Maksimal

Jika berat badan anak kurang, lanjut dr Fiastuti, anak perlu diberikan makanan lengkap terlebih dahulu. Nah, sebagai penunjang, anak bisa diberi susu dengan porsi lebih banyak dari hari-hari biasanya.

"Tapi jangan berikan susu pada anak pada saat menjelang waktu makan. Itu bikin mereka nggak mau makan karena sudah kenyang minum susu," ucap perempuan berkacamata itu.

Dalam acara yang sama, Head of Corporate Communication Nestle Indonesia Nur Shilla Christianto, menegaskan komitmen Nestle untuk menghadirkan produk yang bisa memenuhi kebutuhan anak di suatu negara. "Produk satu negara dengan negara lainnya beda disesuaikan dengan status gizi di suatu negara. Termasuk di Indonesia, agar relevan dengan kebutuhan anak Indonesia. Kami concern juga dengan gula, garam dan rasa yang tetap harus enak," paparnya.

Ini Kata Dokter Gizi Terkait Susu untuk Mendongkrak Berat Badan Balita Suasana 'hujan salju' (Foto: Nurvita Indarini)
Terkait perayaan 150 Nestle, pada 12-13 November 2016 di Kota Kasablanka hadir aneka kegiatan seru yang mana menghadirkan 'Swiss mini'. Di sini ada augmented reality, story telling, demo memasak, juga bisa merasakan hujan salju.

Baca juga: Gaya Menyusu si Kecil Kadang Aneh-aneh, Tapi Itu Wajar Kok

Ini Kata Dokter Gizi Terkait Susu untuk Mendongkrak Berat Badan Balita Dharnesh Gordhon, Presiden Direktur Nestle Indonesia (kaos hitam) di tengah perayaan 150 Tahun Nestle (Foto: Nurvita Indarini)


(vit/vit)