Selasa, 27 Des 2016 10:09 WIB

Kata Pak Dokter Soal Kebiasaan Mengisap Jempol si Kecil

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Sesekali mengisap jempol bisa dilakukan oleh anak-anak karena berbagai sebab. Tapi, bagaimana jika hal itu sudah menjadi kebiasaan?

Menurut dr Herbowo Agung Soetomenggolo SpA, mengisap jempol merupakan hal yang wajar dilakukan oleh anak-anak hingga usia lima tahun. Namun hal tersebut menjadi tidak wajar ketika anak justru mengisap jari yang lain karena tidak sesuai dengan perkembangan anak.

"Dari umur dua bulan anak biasanya masukin semua jarinya ke dalam mulut. Tapi kalau isap jempol itu lanjutannya yang menetap," kata dr Herbowo kepada detikHealth baru-baru ini.

dr Herbowo mengatakan mengisap jempol merupakan bagian dari tumbuh kembang anak karena mengisap jempol dapat membuat anak merasa nyaman. Ia menambahkan, kebiasaan mengisap jempol juga dapat terjadi karena kebiasaan anak mengisap dot.

"Karena kebiasaan pakai dot dari situ anak cari sesuatu yang bisa diemut-emut biar nyaman," sambung dokter yang praktik di RSIA Hermina Jatinegara ini.

Baca juga: Kebiasaan Isap Jempol Waktu Bayi Bisa Bikin Gigi Tonggos

Nah, untuk menghentikan kebiasaan mengisap jempol si kecil, orang tua dapat mengalihkan kebiasaan tersebut dengan hal yang lain. Misalnya dengan mengajak anak bermain bola bersama.

"Mengisap kan karena anak melamun. Nah kalau ajak main bola nggak mungkin kan anaknya nanti lari sambil isap jempol," pungkas dr Herbowo.

Baca juga: Jika Orang Dewasa Punya Kebiasaan Isap Jempol, Ini Artinya (rdn/vit)