Minggu, 15 Jan 2017 14:42 WIB

Pentingnya Pendampingan Ayah Saat Anak Masuki Masa Pubertas

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Masa pubertas merupakan masa di mana anak mengalami perubahan fisik dan juga hormon. Nah di masa ini anak tentu membutuhkan pendampingan dari orang tua.

Namun tak sedikit orang beranggapan hanya ibu yang berperan penting sebagai pendamping anak ketika mereka memasuki masa pubertas. Padahal, pendampingan dari ayah juga penting untuk anak.

dra Ratih Andjayani Ibrahim M.Psi mengatakan, peran orang tua merupakan hal yang penting ketika anak memasuki masa pubertas. Termasuk peran ayah yang dikenal sebagai tulang punggung keluarga.

"Memang ada tujuan ketika anak bercerita sama ibu supaya ada hubungan. Namun anak laki-laki juga butuh role model kan dari ayahnya," kata Ratih dalam acara peluncuran buku 'I Am Me' di Kinokuniya Book Store, Plaza Senayan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Baca juga: Bocah Ini Sudah Puber di Usia TK, Ternyata karena Tumor Otak

"Selain itu tujuannya juga supaya keluarga ngumpul. Ayah kan kerja kadang bisa nggak pulang," sambung Ratih.

Lantas, bolehkah ayah juga memberikan penjelasan soal pubertas pada anak perempuannya? Menurut Ratih hal tersebut boleh dilakukan karena selain membutuhkan hubungan yang dekat dengan ibunya, anak perempuan juga perlu memiliki kedekata dengan sang ayah.

Namun, Ratih mengingatkan bahwa hal tersebut kembali lagi pada kenyamanan sang anak. Ketika anak perempuan merasa lebih nyaman kepada sang ibu, tak masalah jika pubertas yang dialami dibicarakan dengan ibu. Sebaliknya jika anak merasa lebih nyaman bicara soal pubertas denhan ayahnha, maka tak masalah jika anak banyak mengobrol dengan ayahnya.

"Jadi boleh (membicarakan pubertas) sama ibu atau ayah karena itu dapat membuat hubungan anak dengan ayah atau ibunya makin dekat. Tidak membedakan berdasarkan gander," imbuh Ratih.

Baca juga: Saat Puber, Perubahan Mood Beberapa Anak Autis Lebih Dahsyat (rdn/vit)