Senin, 23 Jan 2017 08:04 WIB

Begini Cara Latih Anak Agar Doyan Makan Sayur

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Ketika anak tak dibiasakan makan sayur sejak kecil, bisa jadi saat usianya lebih besar ia akan malas makan sayur. Namun Ayah dan Ibu tak perlu khawatir. Meski anak sudah kadung tak suka makan sayur, bukan berarti mereka tak bisa dilatih agar terbiasa makan sayur.

Seperti diungkapkan pakar kesehatan Dr dr Tan Shot Yen, M.Hum, tidak ada kata terlambat untuk membiasakan anak mengonsumsi sayuran. Sebab, kata dr Tan, setiap orang memiliki kesempatan untuk belajar mencoba kembali.

"Tapi problemnya apakah anak mau mencoba lagi atau tidak. Karena tidak semua sayur enak," ucap dr Tan ditemui usai acara Pesta Anak Indonesia di Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah, Jakarta Barat, Jakarta, Minggu (22/1/2017).

Baca juga: Studi: Jarang Makan Sayur dan Buah, Anak Jadi Lebih Berisiko Asma

dr Tan mengatakan salah satu cara mencoba membiasakan anak mengonsumsi sayuran yakni dengan mencari pasangan makanan yang cocok dengan sayur tersebut. Ia memberi contoh ayam bakar dengan sayur lalapan.

"Kalau makan sayur sama lalapan kan nggak jodoh. Makannya cari jodoh makanannya (seperti lalapan yang cocok disantap dengan ayam bakar) biar anak mau makan," sambung dokter sekaligus penulis buku 'Anak Sehat Indonesia' ini.

Ketika orang tua sudah berusaha keras mencoba membiasakan anak makan sayur tapi gagal, menurut dr Tan tak ada salahnya jika ayah dan ibu bekerjasama dengan pakar agar anak bisa terbiasa makan sayur.

"Mencoba kan nggak hanya tiga hari tapi sebulan atau sampai tiga bulan. Kalau sudah mentok bisa bicara sama psikolog atau ahli gizi untuk membantunya," pungkas dr Tan.

Baca juga: Bayi 6 Bulan Hanya Mau Makan Buah Saat MPASI, Bahayakah?

(vit/vit)