Senin, 23 Jan 2017 19:03 WIB

Memahami Anak yang Maunya Main Terus Saat Baru Masuk SD

Puti Aini yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Bermain merupakan hal yang menyenangkan dan lumrah bagi anak-anak. Nah, ketika baru masuk sekolah, masih banyak anak yang lebih suka bermain daripada belajar. Bagaimana menyikapinya?

Menurut psikolog anak, Najelaa Shihab, anak lebih menyukai bermain dibandingkan belajar merupakan hal yang wajar ketika baru masuk sekolah. Karena anak rentang usia 5-6 tahun memang sewajarnya banyak bermain.

"Tapi memang transisi dari TK (taman kanak-kanak) ke SD (sekolah dasar) itu transisi yang mengagetkan banget buat anak," ucap wanita yang akrab disapa Ela usai acara Pesta Rakyat Anak Indonesia di Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah, Jakarta Barat, baru-baru ini.

Baca juga: Begini Dampaknya Jika Anak Belum Siap Tapi Dipaksa Sekolah

Nah, tak jarang orang tua dan sekolah pun memiliki ekspetasi yang berlebihan kepada sang anak sehingga membuat anak kehilangan waktu bermainnya. "Anak baru masuk sekolah sudah dipaksa duduk berjam-jam, dengerin guru, ngerjain sesuatu di buku. Padahal kan anak masih perlu bermain," sambung Ela.

Oleh karena itu, Ela mengatakan sekolah harus memberikan banyak aktivitas bermain di dalam kelas. Karena hal tersebut juga termasuk salah satu cara membentukan kemampuan belajar anak.

"Kalau tidak seperti itu (tidak ada aktivitas bermain) maka kemampuan belajar anak malah bisa turun. Padahal tugas guru kelas 1-2 SD itu menyiapkan kemampuan anak, bukan ngasih hal bersifat akademis," ucap Ela.

Selain itu, Ela melanjutkan, melatih kemampuan belajar anak bisa dengan mengajari anak memusatkan konsentrasi secara perlahan dan meningkat. Ia memberi contoh meminta anak berkonsentrasi dalam dua menit, lalu enam menit, dan meningkat hingga 10 menit.

Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan membiarkan anak belajar dan bermain dengan berkelompok. Serta melatih anak untuk menceritakan kembali isi buku.

Baca juga: Mengatasi Anak yang Menangis Saat Hendak Sekolah (vit/vit)