Jumat, 27 Jan 2017 09:08 WIB

Ini 'Kunci' Agar Anak Punya Pola Makan Sehat Sampai Dewasa

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Semua orang tua pastinya ingin bisa memenuhi kebutuhan gizi buah hatinya. Nah, semua itu bisa didapat dengan membiasakan anak menerapkan pola makan sehat.

Guna mencukupi kebutuhan gizi anak, ada hal yang perlu dilakukan orang tua yakni melakukan pembiasaan pada anak, termasuk membiasakan si kecil mengonsumsi makanan sehat. Demikian disampaikan Dr Marudut, MPS dari Bidang Penelitian dan Pengembangan Gizi Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI).

"Selalu sediakan sayur di meja makan. Jadi setiap makan ada sayurnya itu kan sehat," tutur Marudut dalam acara Diskusi Cerdas Frisian Flag Indonesia: Resolusi Baru Keluarga Sehat Indonesia di Midtown Bistro & Lounge, Jalan Tulodong Atas, Jakarta Selatan, Kamis (26/1/2017).

Baca juga: Anak Doyan Makan Buah dan Sayur Bisa Dididik Sejak MPASI, Bagaimana Triknya?

Setelah membangun kebiasaan makan sehat, orang tua jangan lupa mengontrol kebiasaan anak makan di luar rumah. Misalnya saja orang tua memperhatikan jajanan yang dibeli anak di sekolah.

"Orang tua biasanya hanya memberi anak uang sehingga anak beli ini itu tanpa dikontrol. Padahal kan harus diperhatikan kandungannya jangan sembarangan," kata pria yang juga dosen di Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II ini.

Agar anak tak jajan sembarangan, Marudut menyarankan orang tua untuk menyiapkan bekal makanan dari rumah. Selain hemat, Ibu juga bisa membawakan anak bekal yang sehat dan bergizi bukan?

Selain itu orang tua juga harus bijak memilihkan makanan yang dikonsumsi anak. Hal ini mengingat anak masih dalam masa pertumbuhan yang memerlukan gizi yang seimbang. Menurut Marudut, jika anak sudah dibiasakan menjalani pola makan sehat sejak kecil, hal itu akan terbawa sampai dewasa kelak.

Baca juga: Anak Makan Banyak Tapi Beratnya Kok Tak Naik-naik? Mungkin Ini Sebabnya

(rdn/vit)