Minggu, 05 Feb 2017 09:03 WIB

'Benih' Kanker pada Anak Bisa Muncul Sejak Masih di Kandungan

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Tak cuma orang dewasa, anak-anak juga bisa terkena kanker. Nah, 'benih' kanker pada anak rupanya bisa muncul sejak mereka masih di kandungan.

Hal itu disampaikan dr Rozaenah, MM dari RS Kanker Dharmais. Dikatakan dia, ketika kebutuhan nutrisi anak tidak terpenuhi bisa mengakibatkan abnormalitas.

"Jadi harusnya ibu makan yang bagus dan seimbang saat hamil. Tapi karena suatu hal, kebutuhan nggak terpenuhi," kata dr Rozaenah kepada detikHealth di sela-sela World Cancer Day Carnival di Tribeca Park, Central Park Mall, Jakarta Barat, Jumat (4/2/2017).

Baca juga: Saat Survivor Kanker Anak Sampaikan Pesannya untuk Donald Trump

dr Rozaenah menjelaskan kekurangan kebutuhan pada anak bisa terjadi karena kurangnya kadar hemoglobin (HB) dan kebutuhan gizi pada sang ibu. Sehingga hal tersebut menyebabkan perubahan sel pada anak.

dr Rozaenah juga menjelaskan, kanker merupakan sel normal yang tumbuh menjadi tidak normal. Sel berubah secara fungsi dan jumlah menjadi karena berbagai faktor.

"Misalnya karena makanan nggak seimbang. Sel tumbuh butuh protein tapi kalau lebih banyak lemak kan nggak bagus buat pertumbuhannya," imbuh dokter yang praktik di RS Kanker Dharmais ini.

Baca juga: Kisah Anak Pasien Kanker dan 'Hadiah' Berharga dari Tukang Sampah

(vit/vit)