Selasa, 21 Feb 2017 19:02 WIB

Studi: Obesitas pada Anak Berkaitan dengan Faktor Genetik

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Obesitas bisa terjadi pada siapa saja. Nah, pada anak-anak, obesitas yang mereka alami disebut berkaitan dengan faktor genetik.

Studi yang diterbitkan di jurnal Economics and Human Biology menyebutkan terdapat banyak bukti bahwa genetika berperan sangat signifikan terhadap kemungkinan seseorang mengalami obesitas. Sebab ukuran tubuh anak gemuk maupun kurus berasal dari 35 hingga 40 persen gen orang tuanya.

Peneliti dari University of Sussex, Peter Dolton mengatakan anak yang mengalami obesitas memiliki pengaruh gen yang lebih besar. Diketahui, dari proporsi berat badannya si anak, gen yang diwariskan orang tua sekitar 55 hingga 60 persen.

Baca juga: Dicap 'Gemuk' Sejak Kecil, Anak Berisiko Makin Obesitas Saat Dewasa

Secara keseluruhan, peneliti mengamati bahwa 20 persen indeks massa tubuh (IMT) dan ukuran tubuh anak berasal dari sang ibu. Sedangkan, dari sang ayah sebanyak 20 persen.

Peneliti juga melibatkan 100 ribu anak dan orang tua untuk membuat data gambar di enam negara yaitu Amerika Serikat, Inggris, Indonesia, China, Meksiko, dan Spanyol. "Ini penting, jarang terlihat bahwa obesitas berasal dari generasi ke generasi di negara maju maupun negara berkembang," kata Dolton.

"Penelitian ini memiliki konsekuensi kesehatan untuk anak-anak di seluruh dunia. Perlu dipikirkan kembali bahwa obesitas merupakan faktor keluarga dan warisan genetik, serta bukan keputusan individu," imbuhnya dikutip dari Fox News.

Sementara, untuk menjaga berat badan ideal, Mayo Clinic merekomendasikan aktivitas intens selama 150 sampai 300 menit dalam satu minggu. Misalnya berolahraga dan berlajan cepat, kemudian diikuti dengan mengonsumsi makanan sehat serta teratur memantau berat badan.

Baca juga: Ingat Lho, Anak Obesitas Itu Bukan Berarti Terpenuhi Semua Gizinya


(rdn/vit)