Senin, 06 Mar 2017 19:03 WIB

Main di Luar Ruangan Bisa Bantu Anak Terhindar dari Rabun Jauh

Puti Aini yasmin - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Bermain di luar ruangan punya berbagai manfaat untuk anak-anak. Salah satunya, membantu mereka terhindar dari rabun jauh atau miopia.

World Health Organisation (WHO) menyebutkan, saat ini miopia sudah berdampak pada 30 persen populasi di dunia. Angka tersebut diperkirakan meningkat hingga 50 persen pada tahun 2050. Hal tersebut dikarena banyak anak-anak yang menghabiskan waktu di dalam ruangan.

"Miopia adalah gangguan mata yang terlalu cepat. Saat anak menghabiskan waktu di luar ruangan, yang sebenarnya terjadi adalah pelepasan dopamin retina yang berfungsi untuk mengatur pertumbuhan mata mereka," kata Profesor Kathryn Rose, ketua orthoptics dari University of Technology Sydney.

Baca juga: Makin Banyak Anak Kena Rabun Jauh, Ilmuwan Bikin Lensa Kontak Khusus
Lantas, berapa lama waktu yang anak perlukan untuk bermain di luar ruangan? Profesor Rose menyebutkan bahwa hal ini belum dapat dipastikan. Namun pada beberapa daerah diperlukan waktu antara 10-15 jam dalam seminggu untuk mencegah perkembangan miopia.

"Saya kira ada pesan publik di sini. Kita bisa lebih pintar dan aman dari matahari tapi kita juga harus berada di luar ruangan," pungkas Profesor Rose dikutip dari ABC Australia.

Sementara itu, miopia sendiri terjadi saat sumbu mata menjadi lebih panjang. Sehingga, cahaya yang masuk jatuh di depan retina dan menyebabkan penglihatan terhadap benda yang jauh menjadi sulit.

Baca juga: Mau Buku ataupun Gadget, Kalau Terlalu Dekat Sama-sama Berisiko Miopia


(rdn/vit)
News Feed